Ingin Dessert Sehat? Buat Saja Salad Buah

By dina, Senin, 31 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Ingin Dessert Sehat? Buat Saja Salad Buah (dina)

      SajianSedap.com – Hal yang sulit ditolak oleh orang yang sedang berdiet adalah makanan penutup, jadi mari belajar membuat salad buah sebagai dessert yang sehat. Selain berperan sebagai hidangan pembuka dan hidangan utama, salad juga enak dijadikan bahan penutup. Namun, perhatikan dahulu bahan-bahannya.

      Pertama-tama, perhatikan pemilihan buahnya. Untuk dijadikan salad, ada pilihan buah yang cocok apabila dipadukan menjadi satu tema. Contohnya adalah buah tropikal seperti semangka, melon, nanas, apel malang, dan mangga. Ada pula buah impor seperti apel granny smith, jeruk sunkist, anggur, dan kiwi. Selain itu, ada pula buah kalengan seperti peach, jeruk mandarin kaleng, leci, lengkeng, dan stroberi.

      Dressing untuk salad buah bisa dibuat dari mayones atau thousand island. Umumnya, orang mencampurnya dengan bahan lain agar tercipta rasa yang lebih enak, antara itu lebih manis, gurih, atau segar. Pilihan bahan yang bisa dicampurkan ke dalam dessert salad antara lain yogurt, susu kental manis, madu, kacang-kacangan, dan keju.

      Berbicara tentang buah, salad tentu akan tampil menarik jika warnanya meriah. Karena itu, pilih paduan buah yang menarik. Ada warna merah dari semangka, stroberi, dan buah naga. Ada pula buah berwarna hijau seperti kiwi. Selain itu, buah berwarna kuning seperti nanas dan semangka juga bisa digunakan. Begitu pula buah berwarna putih seperti apel dan buah naga serta buah berwarna oranye seperti pepaya dan jeruk.

      Untuk melengkapi salad buah-buahan Anda, campurlah buah dan dressing tadi dengan bahan-bahan lain. Misalnya dengan agar-agar, jeli, kelapa muda, taburan wijen atau kacang lainnya, dan kismis.

      Itulah cara yang pas dalam membuat salad buah sebagai camilan yang sehat. Jika sedang berdiet, salad ini tentu bisa menjadi pilihan dalam makan malam yang sehat. Yuk, kita coba. (SP/DV)

Baca juga:

Ingin Dessert Sehat? Buat Saja Salad Buah

Salad Buah Yogurt

Ingin Dessert Sehat? Buat Saja Salad Buah

Salad Buah Saus Leci

Ingin Dessert Sehat? Buat Saja Salad Buah

Salad Buah Saus Avokad