Membuat Tumis Sawi Enak dan Tidak Pahit (2)

By dina, Selasa, 1 November 2016 | 17:00 WIB
Membuat Tumis Sawi Enak dan Tidak Pahit (2) (dina)

      SajianSedap.com – Agar hidangan sayuran kita terasa lebih lezat, mari ikuti cara membuat tumis sawi dengan mudah bagian dua ini. Kali ini, kita akan lebih membahas teknis pembuatan sayuran hijau ini. Tidak hanya pemilihan bahan dan saus yang mempengaruhi rasa tumis sawi. Cara masaknya pun berperan banyak.

     Dalam menumis sawi, utamakan menggunakan sedikit minyak karena jika minyak yang kita gunakan banyak, maka tumis sawi kita akan terlalu benyek. Satu sendok makan saja sudah cukup untuk tumis sawi berukuran empat hingga enam porsi. Pastikan juga kita mematangkan sayur dengan cara ditumis, bukan ditambahkan dengan air. Tumis dahulu sawi hingga matang, baru nantinya tambahkan air. Cara ini berguna agar cita rasa tumis sawi tetap terjaga, bukan berubah menjadi cita rasa sawi rebus.

      Setelah sayuran masuk, aduk terus sayuran agar matangnya cepat dan merata. Proses pengadukan sayur juga akan membuat sawi cepat matangnya sehingga cepat layu dan irit waktu. Bila memakai daging, matangkanlah ia terlebih dahulu. Pasalnya, daging matang lebih lama. Waktu yang dibutuhkan untuk mematangkan sawi tentu tidak selama waktu yang dibutuhkan untuk mematangkan daging. Jika sawi dimasukkan saat daging belum matang, nantinya sawi akan terlalu lembek dan matang.

      Agar daging matang dengan cepat, kita bisa menambahkan air sebelum memasukkan sawi. Air berperan sebagai media penghantar panas pada daging sehingga daging akan matang lebih cepat. Namun, biarkan daging mengering kembali sebelum sayuran masuk. Nantinya, setelah bumbu masuk, kita bisa menambahkan sedikit air ke dalam tumisan untuk membantu mematangkan bumbu dan membuat kuah.

      Itulah cara kita membuat tumis sawi yang enak dan tidak pahit. Mudah, bukan, Sobat SaSe? Mari kita praktekkan di rumah. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Membuat Tumis Sawi Enak dan Tidak Pahit (2)

Tumis Sawi Asin Udang

Membuat Tumis Sawi Enak dan Tidak Pahit (2)

Tumis Sawi Putih Jagung Putren

Membuat Tumis Sawi Enak dan Tidak Pahit (2)

Tumis Sawi Telur Puyuh