Membuat Sup Ikan yang Tidak Amis

By dina, Selasa, 15 Mei 2018 | 07:31 WIB
Membuat Sup Ikan yang Tidak Amis (dina)

      SajianSedap.com –Agar kita dan keluarga bisa menikmati makan siang yang istimewa, kita dapat membuat sup ikan yang beraroma lezat dan tidak amis. Tidak hanya enak digoreng atau dibakar, kita pun bisa mengolah ikan di dalam kuah yang sarat bumbu. Jika sudah pandai membuat sup ikan, nantinya kita juga bisa membuat pindang dan asem-asem. Dasarnya sama-sama berkuah bening, namun ada perbedaan di segi bumbu.

      Sup ikan bisa diolah secara sederhana maupun dengan agak kompleks bumbunya. Ia bisa saja hanya terdiri dari bawang putih, daun bawang, dan seledri, namun nantinya pengolahan ikan harus kita perhatikan. Kuahnya dibuat gurih dari kaldu ikannya atau kaldu tulang ikannya. Jika punya sisa kulit udang, kita juga bisa merebusnya untuk mendapatkan cita rasa khas hidangan laut yang lebih kental.

      Umumnya sup dibuat dari fillet ikan terutama kalau di dalam sup dimasukkan juga isian lain seperti sayuran atau bahan-bahan lain. Akan tetapi, banyak pula yang menyukai sup ikan yang masih bertulang. Hati-hati agar tidak merepotkan orang yang ingin memakannya. Potonglah ikan dalam ukuran kecil jika ingin membuat sup ikan jenis ini.

      Jika ingin membuat sup ikan dengan bumbu sederhana seperti di atas, kita harus mengolah ikan saat masih mentah. Peras jeruk nipis hingga terekstrak airnya, lalu lumurkan ke fillet ikan atau ikan bertulang yang kita potong kecil-kecil. Biarkan selama 15-30 menit agar bau amisnya hilang.

      Selain dengan bumbu sederhana, kita bisa mengolah sup ikan dengan bumbu-bumbu yang lebih kompleks. Bumbu yang dipakai untuk membuat sup ikan sehingga tidak amis adalah jenis aromatik seperti serai, daun bawang, dan daun jeruk. Gunakan dalam jumlah yang banyak untuk memberi aroma segar dan menutupi aroma ikan yang tidak sedap. Yang paling penting, masukkan di akhir pemasakan agar kandungan minyak atsirinya tidak menguap.

      Sobat SaSe, dengan mengikuti tips dalam membuat sup ikan yang tidak amis ini, dijamin cita rasa makan siang buatan kita tidak akan terlupakan. Justru yang mencicipinya tidak akan puas hanya dengan semangkuk saja sup buatan kita. Yuk, kita coba. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Membuat Sup Ikan yang Tidak Amis

Sup Ikan Nila Kelapa

Membuat Sup Ikan yang Tidak Amis

Sup Segar Ikan Dori

Membuat Sup Ikan yang Tidak Amis

Sup Ikan Labu