Hamil? Konsumsi Makanan yang Mengandung Asam Folat

By dina, Senin, 7 November 2016 | 17:00 WIB
Hamil? Konsumsi Makanan yang Mengandung Asam Folat (dina)

SajianSedap.com – Baik ibu hamil maupun wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan, mari rajin-rajin mengonsumsi ragam makanan yang mengandung asam folat. Pasalnya, zat ini merupakan zat yang sangat penting bagi pertumbuhan sel dan regenerasi. Untuk janin sendiri, asam folat atau vitamin B9 penting sekali untuk mencegah kecacatan pada otak dan tulang belakang bayi.

Dr. Bethany Thayer, M.S., R.D., juru bicara dari American Dietetic Association menyebutkan bahwa diet kaya akan asam folat sangat penting untuk dilakukan dari sebelum hamil. Pola makan kaya asam folat akan mencegah 70% kecacatan pada bayi.

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan kaya asam folat yang bisa ibu hamil konsumsi beserta ide resepnya.

Sayuran Hijau Berdaun

Sayuran hijau berdaun merupakan salah satu jenis makanan yang paling sehat untuk tubuh kita. Bukan rahasia kalau ia banyak sekali mengandung asam folat. Sayuran hijau dengan kandungan asam folat yang tinggi salah satunya adalah bayam. Bagaimana jika kita olah menjadi Tumis Bayam Ebi Terasi ini?

Brokoli

Brokoli merupakan sumber asam folat yang baik. Satu cangkir brokoli saja sudah memenuhi 24% kebutuhan asam folat kita dalam satu hari. Belum lagi kandungan bitamin dan mineral lainnya. Agar manfaatnya makin terasa, ada baiknya memasak brokoli hingga setengah matang saja. Contohnya adalah seperti di dalam Cah Brokoli Kembang Tahu ini.

Melon Merah

Buah berair dan manis ini mengandung vitamin A dan C yang tinggi, serta asam folat tentunya. Seperempat melon merah mengandung 25 mikrogram asam folat. Untuk memilihnya, ketuk dan dengar apakah melon berongga. Jika berongga tandanya ia matang. Aromanya juga harus manis, namun tidak berlebihan. Ia bisa diolah menjadi Setup Buah Gula Merah yang hangat ini.

Telur

Walau harus berhati-hati saat memakannya dan memastikannya matang sempurna dahulu, telur merupakan sumber asam folat yang baik. Satu telur mengandung 25 mikrogram asam folat. Pilih telur dengan omega 3 agar pertumbuhan otak bayi jadi optimal. Agar tambah sedap, olah bahan tersebut jadi Telur Masak Base Genep ini.

Avokad

Banyak buah yang mengandung asam folat, namun avokad termasuk buah dengan asam folat tertinggi. Satu cangkir avokad saja mengandung 90 mikrogram asam folat. Ia juga merupakan sumber asam lemak yang baik, vitamin K, dan serat. Yuk, olah buah ini jadi Jus Avokad Sehat.

Itulah berbagai makanan yang mengandung asam folat beserta cara mengolahnya jadi makanan yang lezat. Mudah, bukan?