Tips Sukses Membuat Sushi Untuk Pemula

By Marti, Sabtu, 19 November 2016 | 17:00 WIB
Tips Sukses Membuat Sushi Untuk Pemula (Marti)

SajianSedap.Com - Sushi menjadi makanan mancanegara populer di Indonesia. Kini selain disajikan di resto kelas bintang lima, sushi juga sudah lebih merakyat. Membuatnya sendiri? Ikuti tips sukses membuat sushi untuk pemula ini.

      Ada dua bahan utama dalam pembuatan sushi, yaitu nasi dan nori. Karena itu keduanya harus dipilih dan diolah dengan cara yang benar agar menghasilkan sushi yang tepat. 
Nasi
      Nasi untuk membuat sushi adalah beras jepang, jenis medium grain. Jenis beras ini akan memberi rasa lengket yang khas sehingga gulungan nasi akan menjadi kompak. Sebelum digulung bersama bahan pelengkap, nasi harus didinginkan hingga bersuhu ruang. Jika tidak, bahan isian akan lengket di nasi.
      Setelah dingin, nasi harus dicampur dengan cuka beras (rice vinegar), garam, dan gula pasir untuk memberikan cita rasa khas. Rice vinegar yang digunakan sebaiknya cuka beras jepang supaya aromanya betul-betul khas sushi dan tidak terlalu asam. Aslinya, pencampuran nasi dengan larutan cuka dilakukan di wadah kayu dan pengaduk kayu. Gunanya untuk menyerap kelebihan larutan cuka.
Nori
      Umumnya, sushi digulung menggunakan nori. Nori terbuat dari rumput laut dan dibentuk lembaran berukuran 20x20 cm. Warnanya hijau pekat. Yang umum dipakai adalah nori yang bercita rasa khas rumput laut. Jangan gunakan nori untuk snack. Nori jenis ini sudah diberi garam atau perasa sehingga mengacaukan rasa sushi.
Agar Higienis
      Kebersihan harus diperhatikan betul terutama bila bahan isian yang dipakai adalah bahan-bahan mentah. Cuci tangan dengan bersih dan simpan ikan yang masih mentah dalam keadaan tertutup di lemari es bila belum digunakan. Begitu sushi selesai dibuat, sebaiknya segera disantap sebelum tercemar bakteri.
      Pilih ikan atau seafood yang berkualitas prima dan terjamin kesegarannya. Baik sekali membeli di supermarket di bagian yang khusus untuk membuat sushi. Saat memilih ikan segar perhatikan aroma, warna, kekenyalan, serta harus terbebas dari parasit. Sedangkan untuk makanan yang diproses, perhatikan tanggal kedaluwarsanya.
Trik Menggulung
      Oleskan air di atas nori agar nasi atau isian sushi bisa menempel sempurna. Gunakan makisu, rakitan bambu khusus untuk menggulung sushi. Padatkan sambil didorong saat menggulung nori agar nasi rekat dan bentuknya bulat.
Cara Penyajian
      Sajikan sushi bersama kecap asin Jepang, wasabi, acar jahe (gari), dan bubuk cabai (togarashi). (SP)FOTO: DOK. SAJIAN SEDAP BACA JUGA:YUK, BUAT SUSHI LEZAT SENDIRI 
Tips Sukses Membuat Sushi Untuk Pemula
 MARI MENGENAL JENIS SUSHI
Tips Sukses Membuat Sushi Untuk Pemula
 RAHASIA MEMBUAT NASI SUSHI LEZAT
Tips Sukses Membuat Sushi Untuk Pemula