Tips Mengolah Terung yang Menggugah Selera

By dina, Minggu, 20 November 2016 | 17:00 WIB
Tips Mengolah Terung yang Menggugah Selera (dina)

      SajianSedap.com – Jika ingin menikmati hidangan yang lezat, kita bisa mengikuti tips mengolah terung yang menggugah selera ini. Terong memang agak berbeda dengan sayuran lainnya. Ukurannya relatif agak besar, tetapi termasuk sayuran yang mudah diolah dan mudah dipadu-padankan.       Kalau kita belanja ke pasar atau pasar swalayan, kita bisa menemukan terung ungu yang berukuran panjang, terung hijau yang berukuran panjang, terung telunjuk, terung bulat hijau dan terung bulat yang ungu.       Terung yang panjang , termasuk juga terung telunjuk, bisa dibuat berbagai masakan. Sementara yang bulat lebih sering dibuat lalapan, disantap bersama sambal dalam keadaan mentah.      Untuk menyiapkan terung, ternyata tidak perlu repot-repot. Tinggal buang kedua ujungnya lalu dipotong-potong. Bahkan kita tak perlu mengupasnya. Untuk terung yang diberi saus atau hanya dibalado, terung biasanya digoreng atau dipanggang dulu. Tetapi untuk terung yang dimasak/direbus di dalam kuah, terung bisa langsung diolah.      Hal yang harus diperhatikan dalam mengolah terung secara benar adalah untuk memilih terung yang bentuknya kokoh dan kulitnya mulus. Terung yang seperti ini berada dalam masa terbaiknya untuk diolah.

      Selain itu, terung termasuk sayur yang mudah lunak. Sifatnya adalah sangat menyerap air. Jadi, jangan masak sayuran ini terlalu lama. Terlalu lama memasak terung tentu akan membuat teksturnya jadi tidak enak untuk dimakan.

      Jika ingin mempersingkat waktu dalam memasak terung, potong-potong terung memanjang supaya bisa dimasak dalam waktu yang cepat. Terung juga bisa dipotong-potong tipis untuk mempersingkat waktu memasak.

      Nah, itulah tips dalam mengolah terung yang bisa kita ikuti. Jika kita bisa mengolah terung seperti ini, dijamin masakan-masakan terung kita seperti lodeh, balado, bumbu kecap, atau terung panggang terasa lebih enak karena cara mengolahnya benar. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Tips Mengolah Terung yang Menggugah Selera

Lodeh Terong

Tips Mengolah Terung yang Menggugah Selera

Terong Masak Rebon

Tips Mengolah Terung yang Menggugah Selera

Balado Terong Teri Jengki