Membuat Sambal Goreng Tahu Tempe yang Lezat

By dina, Senin, 21 November 2016 | 17:00 WIB
Membuat Sambal Goreng Tahu Tempe yang Lezat (dina)

      SajianSedap.com – Mari membuat sambal goreng tahu tempe yang lezat. Cita rasanya pedas dan begitu segar. Membuat makanan satu ini mudah sekali. Ia juga bisa kita variasikan hingga muncul berbagai sambal goreng. Yuk, kita intip serba-serbi tipsnya.Bumbu Sambal Goreng

      Bumbu utama sambal goreng hanya bawang merah, bawang putih dan cabai merah. Untuk menaikkan aroma, biasanya ditambahkan daun salam dan lengkuas.       Dari bumbu tersebut, bisa kita variasikan dengan menambahkan taoco, ebi, cabai hijau, kecap manis, dan belimbing sayur.Variasi lain, bisa dibuat dengan tambahan air atau santan.Kombinasi Tahu Tempe      Tahu saja atau tempe saja atau kombinasi keduanya sudah bisa menghasilkan sambal goreng yang enak, tetapi untuk menciptakan sambal goreng yang variatif, bisa ditambahkan udang, petai, kerecek, teri, kapri, dan leunca. Persiapan Tahu Tempe      Tahu atau tempe bisa digoreng dulu, bisa juga dibiarkan mentah. Tetapi kalau digoreng, tahu tempe bisa dimasak lama tanpa takut hancur. Khusus untuk tempe, setelah digoreng, bisa dikerat-kerat agar memudahkan peresapan bumbu. Cara Memasak      Bumbu sambal goreng tahu tempe yang sederhana tinggal ditumis lalu bahan yang lain bisa ditambahkan dan dibubuhi cairan seperti air atau santan. Makin lama memasak, bumbu makin meresap. Sambal goreng bisa dimasak sampai kuah meresap, tinggal minyaknya saja, atau cukup sampai berkuah kental.Tips Membuat Sambal Goreng1. Kalau ingin pedas, gunakan cabai keriting. 2. Kalau ingin sambal goreng yang merah, gunakan cabai merah besar. 3. Waktu menumis bumbu halus, tumis dulu sampai airnya mongering. Setelah itu baru masukkan tahu, tempe, atau bahan lainnya.4. Kalau sambal goreng sudah berminyak, tetapi tahu atau tempe belum terasa bumbunya, boleh tambahkan air lagi dan rebus kembali sampai bumbu meresap.

      Nah, mudah diikuti, bukan, tips dan trik dalam membuat sambal goreng tahu dan tempe yang lezat? Mari kita ikuti cara membuatnya di rumah lewat resep-resep di website favorit Anda ini. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Membuat Sambal Goreng Tahu Tempe yang Lezat

Sambal Goreng Tahu Kacang Tolo

Membuat Sambal Goreng Tahu Tempe yang Lezat

Sambal Goreng Tahu Krecek

Membuat Sambal Goreng Tahu Tempe yang Lezat

Sambal Goreng Tempe