Tips Membuat Minuman dari Jambu Biji Merah

By dina, Minggu, 20 November 2016 | 17:00 WIB
Tips Membuat Minuman dari Jambu Biji Merah (dina)

      SajianSedap.com – Tips membuat minuman dari jambu biji merah berikut ini patut kita ikuti jika ingin membuat minuman yang rasanya istimewa. Selain enak, jambu biji merah juga dipercaya bisa menaikkan jumlah trombosit sehingga sering dijadikan obat alternatif penyakit demam berdarah.      Membuat minuman jambu biji yang enak dimulai dari memilih bahan baku berkualitas baik. Pilih jambu biji yang kekar, tidak terlalu lembek, tetapi juga jangan terlalu keras. Yang terlalu keras, masih muda dan tidak manis. Jambu biji bisa dibuat berbagai minuman seperti jus, setup, atau es.       Berhubung jambu biji memiliki serat yang kasar, umumnya jambu biji yang dijus bisa disaring kembali. Pasalnya, dijus saja seratnya tidak akan halus. Apabila ingin membuat jus jambu biji yang rasanya enak dan teksturnya tidak seret, gunakan juice extactor. Serat dan air buah jambu biji akan terpisah dengan sendirinya.

      Cara lain agar jus jambu biji tidak seret adalah membuang biji jambu sebelum menggilingnya. Sebenarnya, bisa saja biji jambu ikut dipakai dalam pengejusan. Pasalnya, jika biji dibuang, aroma jambunya kurang keluar. Konsekuensinya, apabila kita tidak membuang jambu biji, kita harus melakukan penyaringan sebab biji jambu sulit tergiling halus di dalam jus.

      Karena banyak seratnya, jus jambu biji akan segera terpisah serat dengan airnya. Karena itulah jus harus segera disajikan sesaat setelah dibuat.

      Selain jus, jambu biji juga bisa dibuat menjadi setup. Setup jambu biji merupakan minuman hangat yang pembuatannya melibatkan cara masak perebusan. Dalam membuat jambu biji rebus ini, sebaiknya kita tidak melepaskan kulitnya agar ia tidak mudah lembek.

      Nah, Sobat SaSe, itulah tips membuat minuman dari jambu biji merah yang bisa kita ikuti. Jus buah ini juga cocok diminum orang yang sedang berdiet dan ingin hidup sehat, lho, Sobat SaSe. Asal, jangan kebanyakan gulanya, ya. (SP/DV)FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Tips Membuat Minuman dari Jambu Biji Merah

Setup Jambu Biji

Tips Membuat Minuman dari Jambu Biji Merah

Punch Jambu Biji Wangi Vanili

Tips Membuat Minuman dari Jambu Biji Merah

Jus Jambu Wortel Jeruk