Trik Sukses Membuat Bandeng Isi

By Marti, Sabtu, 26 November 2016 | 17:00 WIB
Trik Sukses Membuat Bandeng Isi (Marti)

Sajian Sedap.Com - Mengeluarkan daging bandeng lalu membumbuinya dan memasukkannya kembali ke dalam ikan bandeng sudah lama dilakukan masyarakat kita. Cara ini bukan saja untuk menaikkan kelezatan bandeng, tetapi juga untuk memudahkan menyantap bandeng yang berduri banyak itu. Bandeng isi seperti ini tampak sulit dibuat, tetapi sesungguhnya mudah sejauh kita tahu triknya. 

Memilih Bandeng
Pilih bandeng segar yang kulitnya mulus. Bandeng yang tidak segar, kulitnya mudah rusak dan tidak menghasilkan ikan yang cantik.
Mengeluarkan Daging Ikan
- Pukul-pukul badan ikan supaya daging ikan yang masih melekat di kulit terlepas.
- Sebelum mengambil daging ikan keluar, keluarkan dulu tulangnya. Caranya, tekuk bagian ekor, tegak lurus hingga terdengar bunyi patah. Tarik keluar tulang bagian tengah dari badan ikan yang patah tadi.
- Kerok daging dengan sendok dari bagian ekor tadi. Lakukan dengan hati-hati agar kulit tidak sobek.
Membumbui Daging
Bumbunya bisa sangat beragam. Dari bumbu sederhana, hanya bawang merah dan bawang putih. Atau bumbu lengkap. Tumis bumbu dalam waktu lama agar baunya harum saat dicampur dengan daging. Selain dibumbui, daging ikan bisa dicampur dengan bahan lain seperti tahu, kentang atau kelapa parut. Bisa menambahkan telur puyuh rebus atau jamur. Kalau ingin isi lembut, tambahkan santan dan telur.
Agar Ikan Gurih dan Bertekstur
Sangrai dahulu ikan kecuali Anda menginginkan tekstur isi seperti otak-otak. 
Memasukkan Ikan Ke dalam Kulit
Agar adonan isi menyebar di dalam kulit ikan, masukkan dengan cara disemprotkan menggunakan plastik segitiga. Mulai dari ekor terus sampai ke kepala. 
Pengisian tidak boleh terlalu sedikit, tidak boleh juga terlalu banyak. Bila banyak, kulit ikan terancam sobek. Bila terlalu sedikit, bentuk sate kurang cantik.
Memasak Bandeng Isi
- Kukus bandeng yang sudah diisi di atas api sedang, cenderung kecil. Jangan besar supaya ikan tidak meletus.
- Celupkan bandeng kukus yang sudah dingin ke dalam telur yang sudah dikocok lepas lalu goreng. Jangan balik bandeng sebelum kering agar kulit tidak menempel di wajan.
- Bandeng bisa juga dibuat dalam bentuk sate bandeng. Agar tak hangus ketika dipanggang, bungkus ikan dengan daun pisang agak tebal. Pembungkusan juga membuat sate harum. (SP)FOTO: DOK. SAJIAN SEDAP 

BACA JUGA:BANDENG ISI GORENG TELUR PEDAS

Trik Sukses Membuat Bandeng Isi
SATE BANDENG
Trik Sukses Membuat Bandeng Isi
 PEPES BANDENG ISI
Trik Sukses Membuat Bandeng Isi