Rahasia Membuat Jus Mangga yang Mantap Rasanya

By dina, Jumat, 8 September 2017 | 07:15 WIB
Jus Mangga (dina)

      SajianSedap.com –  Mangga yang enak jangan hanya disantap dalam keadaan segar. Dibuat jus pasti lebih segar karena di dalam jus kita bisa menambahkan banyak bahan lainnya.   

Mangga yang Enak Dibuat Jus

      Untuk dibuat jus, pilih mangga harumanis. Mangga jenis ini relatif tidak mengandung serat sebanyak mangga indramayu, misalnya. Selain itu mangga harumanis lebih banyak mengandung air. Soal kandungan air, mangga gedong juga cukup mengandung air, tetapi seratnya cukup banyak sehingga kurang cocok dijadikan jus.

     Mangga yang cocok dibuat jus tentulah mangga yang matang. Untuk mengetahuinya, cium bagian pangkalnya. Mangga yang matang harum aromanya. Selain itu, kulit mangga harus mulus, tidak keriput. Hindari mangga yang memar/bonyok. Apalagi ada bagian yang busuk.

Beri Bahan Tambahan yang Pas

      Mangga, yang kandungan airnya tinggi sekalipun, merupakan buah yang manis dan kering sehingga jika dijus begitu saja, akan terlalu kental dan padat. Rasanya pun manis begitu saja dan jika tidak ditambahkan bahan lain, akan terkesan satu dimensi saja. Oleh karena itu, kita bisa memadukannya dengan susu kental manis, yogurt, krim, buah lainnya seperti jeruk atau lemon, dan madu      

      Anda yang tidak suka jus kental harus menambahkan air atau susu cair ke dalam campuran mangga ketika diblender. Begitu juga yang tidak suka jus manis dan lebih suka jus segar, jangan memilih mangga yang asam. Lebih baik menambahkan air jeruk lemon untuk memunculkan rasa asam.  

      Nah, itulah rahasia dalam membuat jus mangga yang enak. Sebaiknya ia disuguhkan begitu selesai dibuat sebelum menjadi kehitaman karena terpapar udara. Agar lebih istimewa, sajikan jus mangga bersama topping es krim, susu kental manis, atau krim. Selamat membuatnya di rumah! (SP/DV)

(Baca juga: Pemula Pasti Bisa Membungkus & Membuat Lontong Pulen Untuk Teman Makan Sate )

(Baca juga: Langkah Mudah Membuat Bawang Putih Bubuk Sendiri)

(Baca juga: Sarapan Sehat Dengan Nasi Gurih Hijau Yang Lezatnya Bukan Main)

(Baca juga: Step By Step Membuat Sambal Kacang, Pelengkap Lezat untuk Sate, Siomay & Aneka Hidangan Lebaran)

(Baca juga:Omelet Tampil Lebih Spesial dengan Resep Makaroni Telur Keju )