Rahasia Membuat Klepon Kacang Bercita Rasa Tinggi

By dina, Selasa, 13 Desember 2016 | 17:00 WIB
Rahasia Membuat Klepon Kacang Bercita Rasa Tinggi (dina)

SajianSedap.com – Mari belajar membuat klepon berisi kacang. Klepon adalah kue yang dibuat dari tepung ketan, biasa diisi gula merah lalu digulingkan di atas kelapa parut yang sudah dikukus. Kue sederhana ini pantas disuguhkan di berbagai kesempatan. Di saat orang menyuguhkan banyak kue modern, biasanya kehadiran kue tradisional sangat dirindukan. Tetapi agar berbeda, sajikan dengan isi kacang-kacangan. Inilah hal yang harus kita perhatikan saat membuatnya.

Bahan Utama Klepon

Bahan klepon sangat sederhana, hanya terdiri dari ketan, santan atau air, kelapa parut, dan gula merah. Namun, dalam hal ini ia bisa diganti kacang. Klepon yang asli dan klasik berwarna hijau, dibuat dengan tambahan air daun suji. Anda bisa membuatnya dengan warna lain atau tanpa warna.

Isian Klepon

Isi kacang bisa dibuat dari kacang merah, kacang tanah, kacang hitam, atau kacang hijau. Kacang-kacang ini diolah dulu jadi adonan pasta. Untuk kacang tanah bahkan tak perlu diolah dulu, cukup dimatangkan dan diblender bersama gula.

Cara Mematangkan Kue

Klepon tidak dimatangkan dengan cara dikukus, tetapi direbus sampai terapung. Klepon yang sudah matang harus langsung digulingkan di atas kelapa parut yang sudah dikukus agar menempel sempurna.

Memarut Kelapa untuk Klepon

Letakkan kelapa terbalik dari biasanya agar dihasilkan kelapa yang parutannya kasar. Sebagai balutan, parutan yang halus tak seeenak kelapa kasar.

Variasi Klepon Berisi Kacang

Jika kita sedang ingin berkreasi, klepon isi kacang bisa dibuat bervariasi. Caranya adalah:

Nah, itulah yang bisa kita lakukan dalam membuat klepon isi kacang. Sebenarnya, tidak begitu sulit, bukan, menyajikan kue tradisional nan istimewa buat keluarga Anda? Jadi, tunggu apa lagi? Selamat membuatnya, Sobat SaSe. (SP/DV) 

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP