Simak Hal Wajib Saat Membuat Roti Kukus Ini

By dina, Selasa, 13 Desember 2016 | 17:00 WIB
Simak Hal Wajib Saat Membuat Roti Kukus Ini (dina)

      SajianSedap.com -- Meskipun roti disebut-sebut merupakan kuliner dari Barat, sebenarnya orang Tiongkok pun sudah membuat roti dengan cara kukus sejak lama. Kini, tidak ada salahnya belajar membuat roti kukus tersebut. Mari menyimak hal-hal penting yang tidak boleh terlewat saat kita m embuatnya.

      Ada jenis-jenis bahan yang harus ada di dalam roti kukus agar bagus dan pas hasilnya. Pertama-tama, bahan dasar roti kukus adalah tepung terigu kunci atau protein rendah. Sebenarnya, kita boleh menggunakan tepung terigu yang lain, tetapi warnanya kurang putih. Bahan lainnya adalah gula  sebagai pemberi rasa sekaligus untuk mengembangkan campuran ragi, garam, dan cairan seperti air dan susu cair. Bahan lainnya adalah lemak, bisa berupa margarin atau atau mentega putih.      Cara membuatnya secara umum adalah mencampur bahan kering dan bahan lain kecuali garam dan margarin. Setelah tercampur rata, masukkan lemak dan garam, lalu uleni. Pengulenan dilakukan hingga elastis.      Waktu fermentasi yang dibutuhkan roti kukus tidak selama waktu fermentasi roti yang dioven. Fermentasi roti kukus hanya separuh waktu fermentasi roti oven. Terlalu lama waktu fermentasi mengakibatkan roti menjadi keriput.      Secara umum, isi roti kukus sama saja dengan roti biasa, bisa asin, bisa pula manis. Yang asin biasanya dibuat dari daging-dagingan seperti ayam, udang, daging, tuna. Yang manis bisa berupa cokelat, unti, sarikaya, hingga selai stroberi.      Agar roti kukus buatan Anda jadi, inilah tips yang bisa diikuti:

      Nah, dengan mengikuti tips dalam membuat roti kukus tersebut, pasti hasilnya jadi bagus. Jangan lupa untuk mengikuti resep yang terdapat di website ini. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Roti Kukus Kacang Hijau Kismis

Simak Hal Wajib Saat Membuat Roti Kukus Ini

Roti Kukus Kelapa

Simak Hal Wajib Saat Membuat Roti Kukus Ini

Roti Kukus Isi Selai

Simak Hal Wajib Saat Membuat Roti Kukus Ini