Memasak Jamur Goreng sebagai Pelengkap Santapan

By dina, Minggu, 18 Desember 2016 | 17:00 WIB
Memasak Jamur Goreng sebagai Pelengkap Santapan (dina)

      SajianSedap.com – Memasak jamur goreng yang renyah dan gurih ternyata bisa kita lakukan sendiri di rumah. Pasti santapan kita akan terasa lengkap rasanya. Walaupun begitu, jamur tentu saja bukan merupakan lauk utama. Jamur hadir sebagai pelengkap makan nasi kita. Nah, dengan cara digoreng, kita bisa membuat jamur terasa lebih mantap.

      Untuk membuat jamur goreng, pemilihan bahan baku pertama-tama harus kita perhatikan. Jamur yang paling cocok untuk kita goreng adalah jamur merang, jamur kuping, jamur tiram, dan jamur shitake. Menggoreng jamur ini tidak hanya menghasilkan hidangan jamur crispy baik goreng tepung maupun goreng tiram. Menggorengnya menjadi bakwan jamur juga bisa jadi pilihan menarik.

     Jamur bisa digoreng sendirian. Ia juga bisa ditambahkan tahu, jagung manis, tempe, udang, atau dikombinasikan dengan jamur lainnyaa dalam bentuk bakwan. Jamur goreng tepung hanya cukup dibumbui bawang putih saja. Akan tetapi, kita tentu boleh menambahkan bumbu lain juga seperti bawang merah, bawang putih, dan ketumbar. Rasanya akan semakin kompleks apabila kita menambahkan cabai dan terasi.

      Jamur yang digoreng dengan tepung panir atau tepung terigu bisa digoreng sampai renyah. Caranya, peras jamur terlebih dahulu apabila basah. Lalu, gulingkan di atas tepung kering. Celupkan lagi ke larutan tepung, lalu gulingkan lagi di atas tepung panir. Goreng jamur hingga renyah.

      Nah, itulah cara memasak jamur goreng yang bennar agar santapan Anda terasa semakin lezat. Yuk, temani hidangan jamur goreng kita dengan berbagai pelengkap seperti cabai rawit segar, sambal kacang, atau saus sambal. Dijamin, rasanya akan selangit walau sebenarnya hidangan ini sederhana saja. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Jamur Tiram Goreng Bumbu Ketumbar

Memasak Jamur Goreng sebagai Pelengkap Santapan

Jamur Goreng Lada Garam

Memasak Jamur Goreng sebagai Pelengkap Santapan

Bakwan Jamur Gurih

Memasak Jamur Goreng sebagai Pelengkap Santapan