Membuat Sarikaya Durian yang Lembut di Mulut

By dina, Selasa, 20 Desember 2016 | 17:00 WIB
Membuat Sarikaya Durian yang Lembut di Mulut (dina)

      SajianSedap.com – Mari belajar membuat sarikaya durian sendiri agar kita bisa memanjakan keluarga dengan camilan yang sedap rasanya. Sarikaya durian biasa kita temui di restoran Minang yang terkemuka. Ia lebih sering lagi ditemui di bulan puasa sebagai takjil atau menu manis untuk berbuka.      Sarikaya adalah campuran santan dan telur yang dikukus sehingga rasanya sangat lembut. Dengan penambahan durian, kudapan manis gurih ini terasa lebih istimewa. Apa sajakah bahannya dan bagaimana cara untuk membuatnya? Yuk, kita simak.Bahan Baku      Gunakan telur yang beratnya 50 gram tanpa kulit. Makin segar telurnya makin baik hasil sarikayanya. Biasanya gula yang digunakan adalah gula merah, tetapi bisa juga bila ingin mengunakan gula pasir atau gula palem. Sementara itu, santan yang digunakan adalah yang kekentalannya sedang. Misal, untuk 1 butir kelapa menggunakan 1.000 ml air.     Dalam memilih durian, perhatikanlah bentuk duri buah. Bagaimana cara memilih durian yang matang? Cari yang durinya besar-besar dan renggang. Pukul kulitnya dengan pisau. Durian yang matang, suaranya “buk buk buk”, tidak nyaring.     Buah durian yang bagus untuk sarikaya adalah yang agak lembek, tetapi tidak terlalu kering, manis rasanya, dan berdaging tebal.Untuk menghasilkan buah yang manis, kecuali bibitnya memang harus bagus, kematangannya juga harus pas. Kalau terlalu matang, durian yang manis pun, malah menjadi pahit karena beralkohol.      Dalam membuat sarikaya, kita tidak harus menggunakan tepung walau beberapa orang memilih menggunakan tepung agar sarikaya tidak keriput atau terpisah santannya.Cara Membuat Sarikaya Durian      Tak mudah mencampur telur dengan santan. Untuk memudahkan, kocok lepas telur lalu tuangkan campuran santan, gula, dan daging durian sedikit –sedikit sambil diaduk. Jangan menuangkan adonan santan sekaligus. Pengadukan akan sangat sulit. Untuk gula merah, bisa direbus dulu lalu disaring.

      Setelah adonan jadi, kukus sarikaya di dalam pengukus berlubang kecil. Masak di atas api kecil supaya sarikaya tidak berkerut. Sajikan sarikaya di dalam takir atau di dalam pinggan tahan panas.

     Nah, itulah hal yang bisa kita perhatikan saat akan membuat sarikaya durian. Yuk, kita buat di rumah. Ia bisa kita sajikan dengan ketan, bisa pula jadi pelengkap bubur kampiun yang mantap rasanya. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Sarikaya Ketan Kelapa Muda

Membuat Sarikaya Durian yang Lembut di Mulut

Jala Saus Durian

Membuat Sarikaya Durian yang Lembut di Mulut

Sarikaya

Membuat Sarikaya Durian yang Lembut di Mulut