Cara Memfillet Ikan Tenggiri Sendiri

By dina, Rabu, 21 Desember 2016 | 17:00 WIB
Cara Memfillet Ikan Tenggiri Sendiri (dina)

      SajianSedap.com – Sobat SaSe, mari mempelajari cara memfillet ikan tenggiri ini. Dengan membuat fillet sendiri, ikan bisa dibentuk sesuai dengan selera kita. Pemakan ikan juga bisa terhindar dari kerepotan menyisihkan tulang.      Memang ada makanan-makanan tertentu yang akan lebih enak apabila dimasak bersama tulangnya. Gulai dan ikan bakar, misalnya. Tulang ikan memang memiliki rasa gurih sehingga daging yang melekat di tulang juga turut gurih rasanya.       Namun, fillet ikan pun seringkali jadi pilihan tepat buat berbagai jenis makanan. Masakan yang betulan hanya dinikmati daging ikannya seperti ikan goreng tepung. Selain itu, masakan ikan yang bersaus juga bisa dinikmati apabila difillet.      Sebenarnya, cara memfillet ikan ditentukan oleh bentuk tulang ikannya, yaitu horizontal dan vertikal. Ikan tenggiri sendiri merupakan ikan yang bentuk tulang ikannya vertikal. Maka, lakukan hal berikut.

      Jika memfillet ikan, gunakanlah pisau yang tajam sekali dan biarkan pisaunya yang “bekerja”. Maksudnya, jika pisaunya tajam, ia bisa dengan mudah bergerak mengiris ikan tersebut menjadi fiilet.      Perhatikanlah jenis makanan yang bisa menggunakan fillet ikan, bisa juga tidak. Masakan seperti sup sebetulnya lebih cocok dengan tulang karena yang dinikmati selain dagingnya, juga kaldunya. Rasa gurih kaldu antara lain didapat dari tulang ikan. Namun, adanya tulang ikan tentu akan sedikit mengganggu proses makan.  Kalau sup tetap menggunakan fillet, rebus tulang terpisah untuk mendapatkan kaldunya yang kemudian dipakai sebagai sup.

      Nah, itulah cara memfillet ikan tenggiri sendiri di rumah. Mudah sekali, bukan? Yuk, kita ikuti caranya dan praktekkan agar bisa menikmati hidangan fillet sendiri. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Tenggiri Siram Bumbu Pedas

Cara Memfillet Ikan Tenggiri Sendiri

Tenggiri Masak Kuah

Cara Memfillet Ikan Tenggiri Sendiri

Pepes Tenggiri Bumbu Woku

Cara Memfillet Ikan Tenggiri Sendiri