Tips Membuat Bagelen Secara Praktis

By dina, Rabu, 21 Desember 2016 | 17:00 WIB
Tips Membuat Bagelen Secara Praktis (dina)

      SajianSedap.com – Sobat SaSe, tahukan Anda bahwa ada tips membuat bagelen secara praktis? Bagelen sangat cocok disajikan dengan cream soup atau menu soup yang lain. Apalagi jika diberi tambahan keju dan mentega. Diberi tambahan gula pasir sehingga lebih manis pun oke juga.

      Cara membuat bagelen sama dengan cara membuat roti. Jenis tepung yang digunakan adalah tepung dengan protein tinggi agar motifnya lentur dan berserat. Walaupun bagelen kering teksturnya, bentuknya harus mengembang cantik selayaknya roti.

      Campur bahan-bahan kering seperti tepung terigu, baking powder, susu bubuk, ragi instan, dan gula pasir, lalu, tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit secara bergantian sambil dimixer dengan kecepatan nomor tiga. Margarin dan garam ditambahkan belakangan agar tekstur roti sebelum mengeras bagus dan tak kering. Uleni sampai elastis lalu mulai fermentasi.       Proses fermentasi bagelen bertingkat-tingkat. Fermentasi selama 30 menit lalu kempiskan. Timbang bagelen, lalu kembangkan lagi dengan mendiamkannya 10 menit. Bulatkan, letakkan di loyang, dan kembangkan lagi selama 45 menit.       Proses mengovennya juga dua kali. Oven dengan api bawah hingga matang dengan suhu normal ketika membuat roti yaitu 190 derajat celcius. Setelah mengembang, oven lagi dengan suhu yang lebih rendah sampai kering. Belah dan olesi dengan bahan olesan, lalu oven lagi hingga kering.Terkadang, cara yang agak sulit ini membuat kita jadi malas membuat kue sendiri. Kita jadi lebih memilih membeli bagelen yang sudah jadi. Padahal, bagelen buatan sendiri, lebih bisa dikreasikan rasanya.

      Nah, untuk membuat bagelen sendiri dengan cara yang leih mudah dan rasa yang lebih bisa dikreasikan, buatlah dari roti bun siap pakai. Roti bun bisa dibelah, lalu diolesi dengan bahan isian sesuka kita. Kita bisa mengolesnya dengan margarin dan gula. Bisa pula ia kita taburi keju parut. Menambahkan margarin bawang putih pun bisa dilakukan. Roti yang telah dioles ini bisa kita oven selama dua jam dengan suhu 100 derajat celcius hingga rata.

      Nah, mudah diikuti, bukan, tips membuat bagelen secara praktis ini? Jangan lupa untuk menyimpannya di wadah yang kedap udara, ya, Sobat SaSe. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Bagelen Keju

Tips Membuat Bagelen Secara Praktis

Bagelan Moka Kacang

Tips Membuat Bagelen Secara Praktis

Bagelen Klasik

Tips Membuat Bagelen Secara Praktis