Jangan Kalap Makan di Pesta Tahun Baru

By dina, Jumat, 30 Desember 2016 | 17:00 WIB
Jangan Kalap Makan di Pesta Tahun Baru (dina)

      SajianSedap.com -- Pesta tahun baru segera tiba, tapi jangan kalap saat makan, ya. Pergantian tahun kerap menawarkan acara bersantap yang sungguh berat untuk ditolak. Aneka hidangan lezat berlemak, acara barbekyu, hingga beragam roti dan kue manis merayu kita untuk menyantapnya. Kita pun kerap termanjakan karenanya. Bahkan gaya hidup dan pola makan yang sudah kita jaga menjadi amburadul.       Nah, sekarang kita ikuti saja keinginan itu. Namun kuncinya tetap klasik. Jagalah porsinya. Anda boleh menyantap apa saja yang ada di pesta. Yang penting menjaganya agar tak berlebihan.

  1. JANGAN MENUNDA MAKAN. Kita kerap menunda makan untuk sebuah pesta besar. Alasannya, nanti sekalian saja, deh. Nah, perilaku ini justru akan memicu rasa lapar lebih besar. Akibatnya kita kehilangan kontrol bersantap saat berada di tempat pesta.
  2. SIAPKAN KUDAPAN SEHAT. Tak ada salahnya membekal buah atau kacang di meja kerja. Inilah kudapan yang lebih baik ketimbang menyuruh OB mencarikan Anda siomay atau mi ayam pada pukul 3 sore saat di kantor.
  3. MAKANLAH SEBELUM PERGI KE PESTA. Terutama yang kaya serat. Rasa kenyangnya akan bertahan lebih lama sehingga Anda tak terlalu banyak makan di tempat pesta.
  4. JAGA PORSI. Saat pesta bertema buffet, makanan begitu melimpah. Jagalah porsi makan dengan menggunakan piring kecil. 
  5. WASPADAI SAUS DAN BUMBU. Ayam dan aneka hidangan laut memang menu yang menggiurkan, juga relatif sehat. Namun waspadai bumbu atau sausnya. Terkadang dari sinilah kalori dan lemak bertumpuk.
  6. HINDARI SELAGI BISA. Pilihlah hidangan yang paling Anda sukai dalam porsi kecil-kecil. Namun jika beberapa di antaranya bisa Anda hindari, itu lebih baik. Jadi batasi pilihan Anda.
  7. SISIPKAN BUAH DAN SAYUR. Usahakan selalu mengincar buah dan sayur serta saus low-fat. Toh, paling tidak, masih ada hidangan yang sehat di atas piring Anda.
  8. JAUHI KUDAPAN. Mengudap cenderung berlangsung tanpa kita sadari. Jadi ambil seperlunya. Jangan berdiam di dekat meja penuh kudapan.
  9. JAGA JARAK DENGAN MEJA. Saat berbincang dengan rekan di pesta, carilah lokasi yang agak jauh dari meja. Sehingga Anda tak punya kesempatan mengudap tanpa sadar.

      Nah, kalau semua langkah-langkah di atas dijalankan, jangan kalap lagi saat pesta tahun baru. Mudah, bukan? (MF/DV)FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Resep Hidangan Serba Dibakar buat Tahun Baru

Jangan Kalap Makan di Pesta Tahun Baru

Membuat Hidangan Tahun Baru dengan Hemat (1)

Jangan Kalap Makan di Pesta Tahun Baru

Membuat Hidangan Tahun Baru dengan Hemat (2)

Jangan Kalap Makan di Pesta Tahun Baru