3 Olahan Kentang Untuk Pelengkap Sajian Tahun Baru

By , Jumat, 30 Desember 2016 | 17:00 WIB
3 Olahan Kentang Untuk Pelengkap Sajian Tahun Baru (Marti)

SajianSedap.Com - Di dalam menu istimewa, kentang umumnya dijadikan menu pelengkap. Saat acara tahun baru, misalnya, kentang sering dijadikan pendamping menu barbeque. Bentuknya bisa digoreng, dipanggang atau dibuat puree. Bagaimana memvariasikan olahan kentang untuk sajian istimewa agar tidak membosankan? Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.
1. Kentang Goreng
Ini menu kentang yang paling umum dan sering dibuat. Sebelum digoreng, rendam kentang dalam air selama 30 menit supaya kadar tepungnya berkurang dan digoreng pun tidak cepat cokelat. Goreng kentang dua kali untuk mendapatkan tekstur yang renyah sempurna.
2. Bola Kentang Goreng
Variasi kentang goreng ini bisa dibuat dengan mengukus kentang lalu mencampurnya dengan susu dan telur lalu membentuknya menjadi bola-bola sebelum digoreng. Ada juga yang memberinay isian daging lezat.
3. Kentang Puree
Biasa juga disebut mashed potato. Kentang dikukus, dihaluskan lalu dimasak bersama susu dan keju. Teksturnya yang lembut dan creamy pas sekali saat disandingkan dengan menu daging barbeque.
4. Kentang Panggang
Kentang yang dikukus dan dihaluskan kemudian diadoni dengan mentega, susu, telur lalu ditempatkan dalam pinggang dan dipanggang. Campuran pilihan lain adalah gading giling, telur, keju dan susu. Sajikan dalam bentuk potongan.
5. Kentang Panggang Isi
Kentang utuh dikukus lalu dibelah dua dan dikeruk isinya. Bagian cerukan kantang kemudian diisi campuran ayam atau ikan giling yang sudah diadoni. Bisa juga ditambahkan jamur, keju, atau bahan lain. Kentang pun dipanggang dalam oven.
(SP/MR)
Foto: dok. Sajian SedapBaca juga:Tips Mengolah Kentang Anti Gagal
3 Olahan Kentang Untuk Pelengkap Sajian Tahun Baru
 

Tips Membuat Bola Kentang Keju Lezat

3 Olahan Kentang Untuk Pelengkap Sajian Tahun Baru