Hati-Hati dengan Penyakit Sehabis Pesta Ini! (2)

By dina, Sabtu, 31 Desember 2016 | 17:00 WIB
Hati-Hati dengan Penyakit Sehabis Pesta Ini! (2) (dina)

       SajianSedap.com – Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyakit sehabis pesta kerap menyerang di akhir tahun. Akhir tahun memang identik dengan makanan enak yang sulit kita tolak. Padahal, penyakit tersebut bisa kita hindari, lho. Apa saja ya, contohnya? Simak info berikut ini.

       5. Alergi makanan. Pencetus alergi dari golongan makanan biasanya adalah kelompok seafood, protein susu, telur, dan kacang-kacangan. Masalah ini terutama perlu diwaspadai oleh mereka yang memiliki alergi terhadap jenis-jenis makanan di atas. Saat kita makan soto di pesta, misalnya, kita tidak tahu apakah kuah soto itu dibuat dengan tambahan udang (seafood) atau tidak. Begitu juga saat kita makan kue, kita tidak tahu apakah kue itu mengandung telur, susu, ataukah tidak. Jika kita makan di rumah kerabat atau warung, kita bisa bertanya langsung kepada pembuatnya. Di acara pesta lain, kita sulit memastikannya.       6. Infeksi saluran cerna. Dibandingkan dengan problema salah cerna, masalah infeksi ini relative jarang terjadi. Meski begitu, masalah ini tetap perlu diwaspadai terutama jika pesta dilakukan di luar ruang. Di tempat terbuka, kuman bisa terbawa oleh debu dan angin. Seperti gangguan salah cerna, infeksi saluran cerna yang umumnya disebabkan oleh bakteri ini juga bisa menyebabkan diare.       7. Asam urat. Masalah ini terutama perlu diwaspadai oleh mereka yang memiliki kadar asam urat tinggi. Makanan-makanan yang kaya purin (bahan pembentuk asam urat) bisa saja tampil dalam jamuan pesta dalam bentuk makanan favorit kita, misalnya soto yang berisi daging, jeroan, melinjo, dan sebagainya.       8. Kegemukan dan masalah kardiovaskular (jantung-pembuluh darah). Jika tujuh masalah di atas bersifat langsung alias bisa terjadi beberapa saat setelah menghadiri pesta, maka kegemukan dan masalah kardiovaskular ini merupakan efek tak langsung dari makan “ugal-ugalan” say pesta. Sebagian dari kita mungkin berpikir, sesekali taka pa-apa makan berlebihan. Toh acara pesta tidak datang tiap bulan. Faktanya, makanan yang berlebihan akan disimpan di dalam tubuh menjadi cadangan kalori, salah satunya dalam bentuk lemak. Apalagi jika makanan yang kita santap saat pesta itu banyak mengandung kolesterol dan lemak. Maka, efeknya bisa menyebabkan hipertensi dan penyempitan pembuluh darah.

       Nah, mengerikan, bukan, penyakit-penyakit sehabis pesta tersebut? Apa lagi, penyakitnya tidak hanya itu saja, tapi juga meliputi penyakit berikut ini. Terapkanlah prinsip makan sehat agar kita bisa tetap menikmati pesta dan makan enak tanpa harus takut sakit atau merasa bersalah. (MS/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Hati-Hati dengan Penyakit Sehabis Pesta Ini (1)

Hati-Hati dengan Penyakit Sehabis Pesta Ini! (2)

Membuat Cupcake Cokelat

Hati-Hati dengan Penyakit Sehabis Pesta Ini! (2)

Jangan Kalap Makan di Pesta Tahun Baru

Hati-Hati dengan Penyakit Sehabis Pesta Ini! (2)