Memilih Kudapan Pencegah Sembelit

By dina, Minggu, 1 Januari 2017 | 17:00 WIB
Memilih Kudapan Pencegah Sembelit (dina)

       SajianSedap.com – Mengemil memang enak, namun lebih baik mengemil dengan sehat seperti kudapan-kudapan pencegah sembelit. Duh, jangan sampai kita terkena penyakit ini. Percaya, deh, penderitaannya ampun-ampun. Perut rasanya penuh, tetapi tidak bisa kita keluarkan. Dan satu lagi, sangat tidak sehat, lo, kalau tubuh kita tidak buang air besar lebih dari dua hari. Tubuh yang sehat akan mengeluarkan sisa-sisa makanan paling tidak satu kali dalam sehari. Kalau sudah kebiasaan 2 hari sekali, masih oke, asalkan rutin.       Tidak buang air secara teratur, bisa berakibat fatal, lo. Karena racun yang ada pada sisa-sisa makanan yang seharusnya dibuang, bisa kembali terserap ke dalam tumbuh. Yang paling fatal Anda bisa terkena kanker usus.        Supaya kita bisa secara rutin buang air besar, tidak bisa tidak kita harus mengkonsumsi serat. Serat bisa didapat dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Kalau tak suka menyantap sayur dan buah dalam bentuk segar/lalap atau masakan, cobalah mengkonsumsinya dalam bentuk kudapan hingga Anda tidak merasa seperti sedang makan sayur.

       Serat bisa juga didapat dari biji-bijian. Cereal, misalnya. Havermut adalah pilihan yang baik. Cobalah rutin menyantapnya setiap pagi.        Jangan lupa juga minumlah air putih sebanyak mungkin. Paling tidak 8 gelas sehari. Air putih akan melancarkan tubuh dalam melakukan pembuangan. Nah, hindari sembelit selagi bisa. Tubuh Anda akan jauh lebih sehat. Percayalah. Bisa juga cairan kita dapatkan dari ekstrak atau jus buah dan sayur. Justru ia akan lebih bernutrisi.

       Nah, setelah Anda tahu jenis-jenis makanan yang baik untuk tubuh, yuk, olah jadi berbagai kudapan sehat pencegah sembelit. Anda bisa mencontek resep berbahan buah, sayur, dan sereal di website ini, lho. Selamat mencoba di rumah, ya, Sobat SaSe, dan semoga sehat selalu. (SP/DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP

Baca juga:

Waldorf Salad

Memilih Kudapan Pencegah Sembelit

Rujak Buah

Memilih Kudapan Pencegah Sembelit

Bubur Havermut Manis Buah

Memilih Kudapan Pencegah Sembelit