Combro si Oncom di Jero nan Sedap

By dina, Rabu, 25 Januari 2017 | 05:57 WIB
Combro si Oncom di Jero nan Sedap (dina)

       SajianSedap.com – Pernah membuat combro alias oncom di jero, camilan Jawa Barat yang terkenal? Jika belum pernah, mari kenali dasar-dasarnya. Apabila sudah pernah membuatnya, mari kita ciptakan combro gaya baru yang sama sedapnya.

       Untuk membuat bagian luar combro yang legit, pilih singkong yang kulitnya masih cokelat terang dan lembap. Singkong yang sudah lama, kering kulitnya dan sudah layu. Hindari singkong yang seperti ini. Selain itu, lihatlah warnanya dengan cara memotong ujung umbinya. Ia harus putih bersih.

        Kupaslah kulit singkong secara vertikal, lalu selipkan pisau ke dalamnya. Tarik hingga terkelupas seluruhnya. Haluskan singkong dengan cara memarutnya dengan parutan kelapa. Cara memarut cukup biasa saja supaya didapat parutan yang halus. Agar lebih sedap, adonan singkong dengan kelapa parut, keju parut, daun kucai, daun bawang, cabai merah, dan wijen.

        Inti dari combro, sesuai namanya, adalah oncom di jero alias oncom di dalam. Jadi, isiannya mesti oncom. Oncom enak dibuat menjadi isian dipadukan dengan leunca dan kemangi. Akan tetapi, jika ingin memvariasikannya dengan isian selain oncom, combro enak diisi daging diling, ayam giling, kelapa parut yang dibuat unti, dan udang. Bahan-bahan ini masih bisa dipadu nanas, kacang polong, dan sosis.

       Singkong yang sudah diisi dapat digoreng begitu saja atau dipanir dengan wijen atau tepung panir (kasar maupun halus). Goreng combro di dalam minyak panas sedang hingga terendam. Gunakan api yang tak terlalu besar sehingga combro matangnya merata.

       Nah, itulah cara membuat camilan combro, si oncom di jero yang bikin ketagihan. Yuk, kita coba buat di rumah.