Menciptakan Variasi Puding Karamel Manis Beraroma

By dina, Senin, 30 Januari 2017 | 05:04 WIB
Menciptakan Variasi Puding Karamel Manis Beraroma (dina)

       SajianSedap.com – Kunci utama kelezatan puding karamel ada pada cara membuat gula gosong tersebut. Di sela-sela rasa manisnya, tersimpan aroma pahit yang menggugah selera. Aroma dan rasa ini menjadi paduan yang pas di dalam sepotong puding istimewa. Yuk, simak cara membuat puding karamel yang kaya rasa.

       Untuk membuat karamel, taruh gula pasir di dalam wajan yang tebal. Bahan wajan dari teflon juga bisa kita gunakan. Letakkan teflon di atas api dan biarkan sampai gula mencair kecokelatan.  Jangan aduk gula selama gula dibuat gosong. Yang harus dilakukan hanya menggoyangkannya agar gula di bagian atas jatuh turun ke dasar wajan.

Baca juga: Resep Puding Karamel Avokad

        Gula bisa dibiarkan hangus seluruhnya bila ingin rasa puding lebih pahit dan aroma karamelnya menonjol. Jika tidak ingin aroma hangusnya tercium, cukup gosongkan sebagian saja. Apalagi jika kita tidak suka samar-samar rasa pahit. Setelah itu, tuangkan air panas ke dalam waja bila gula sudah menjadi karamel seluruhnya atau sesuai yang dikehendaki. Tujuannya adalah agar larutan gula tidak menciprat. Aduk sampai gula yang mengkristal kembali larut.

        Selain langsung dicampur dengan adonan puding, ada lagi cara mengkreasikan camilan ini. Jika membuat puding karamel bening, bagian dalamnya bisa kita isi dengan buah (peach, koktail, atau kelapa muda). Larutan karamel enak pula dicampur susu lalu dicampur dengan buah, biskuit, atau bahan makanan lainnya. Apabila memasukkannya ke puding busa, tambahkan esens moka agar warna puding tambah menarik, lalu campur dengan biskuit atau kelapa.

Baca juga: Resep Puding Karamel Marmer Kopi

       Menggabungkan beberapa jenis puding dengan cara dilapis juga ide yang cemerlang. Misalnya, gabungkan puding susu dan puding bening karamel, puding susu karamel dengan puding bening jeruk, dan lain-lain.

       Selain dicampurkan ke dalam adonan puding, karamel juga bisa kita jadikan saus dan disandingkan dengan puding susu, cokelat, atau moka. Cara membuat sausnya mudah saja. Ketika karamel sudah jadi, tambahkan susu, air, atau santan. Apabila ingin lebih kental, tambahkan larutan maizena. Jika ingin saus yang lebih gurih, kita bisa menambahkan kuning telur.

       Mudah, bukan, membuat puding karamel di rumah? Apabila ingin puding karamel yang rasanya lain dari yang lain, ikuti saja aneka resep di website ini. Yuk, coba buat di rumah. (SP/DV)