Serba-Serbi Pembuatan Puding Buah Kaleng Praktis

By dina, Sabtu, 4 Februari 2017 | 01:30 WIB
Serba-Serbi Pembuatan Puding Buah Kaleng Praktis (dina)

       SajianSedap.com – Sudah lama orang menjodohkan puding dengan buah kaleng. Mungkin karena buah kaleng lembut teksturnya sesuai dengan tekstur puding. Bisa juga karena alasan kepraktisan atau warna cantik yang dihasilkannya. Yuk, tengok hal-hal yang perlu kita ketahui dalam pembuatan puding buah kaleng.

      Pertama-tama, jenis dasar puding yang cocok kita sandingkan dengan buah kaleng adalah puding yang bahan cairnya terbuat dari susu, dari sirup buah atau jus buah, juga puding busa yang terbuat dari putih telur. Sementara itu, buah-buahan yang paling cocok untuk digunakan dalam puding adalah buah peach, buah campur alias koktail, lengkeng, leci, dan jeruk mandarin.

Baca juga: Resep Puding Buah Leci

       Dalam pembuatan puding buah kaleng, pilih buah impor karena buah kaleng lokal kurang cocok dijadikan campuran puding. Tiriskan dulu buah sampai tiris betul lalu letakkan di atas kertas serbet sampai kering.

       Ada hal-hal yang bisa kita pertimbangkan dalam menempatkan buah untuk puding. Jika mementingkan unsur keindahan, buah bisa kita letakkan di tengah atau di atas puding. Buah bisa disusun cantik berbentuk bunga  atau disusun menyebar. Agar terlihat jelas, buah ditaruh di dalam puding yang bening.

Baca juga: Resep Puding Buah Campur

       Sementara itu, jika menginginkan cita rasa buah yang lebih keluar, ia bisa diblender langsung dan kita campur di dalam adonan puding. Buah kaleng juga bisa dipadu dengan buah segar supaya warna dan rasanya makin menarik. Jika ingin puding buah yang praktis pembuatannya, tebar saja buah di seluruh bagian puding sehingga hasilnya berbintik-bintik.

       Apabila sudah berhasil membuat pudingnya, sajikan ia bersama vla vanilla. Tidak hanya dicampur dalam puding, buah kaleng pun bisa kita campur dengan vla. Namun, jika vlanya sudah penuh buah, pudingnya harus polos.

      Itulah hal-hal yang bisa kita perhatikan dalam pembuatan puding buah kaleng praktis. Jangan menunggu lama-lama. Apabila sudah mempunyai bahannya, yuk, kita buat di rumah. (SP/DV)