Memanfaatkan Sisa Bubur Kacang Hijau Jadi Aneka Kudapan

By dina, Selasa, 7 Februari 2017 | 03:50 WIB
Memanfaatkan Sisa Bubur Kacang Hijau Jadi Aneka Kudapan (dina)

      SajianSedap.com – Mari memanfaatkan sisa bubur kacang hijau jadi hidangan yang tidak kalah enak. Santap pagi dengan bubur kacang hijau, selain mengenyangkan, juga enak di lidah. Tidak salah apabila banyak orang yang membuatnya dalam jumlah besar di rumah.

      Bubur kacang hijau bisa kita kreasikan jadi bubur yang lebih bervariasi. Kita juga bisa menambahkan rebusan kacang hijau ini ke dalam bubur havermut. Kacang hijau yang telah dimasak ini pun bisa kita gunakan sebagai pelengkap es, skoteng, dan lain-lain. Selain itu, ia bbisa kita campur dengan agar-agar dan jadikan puding.

Baca juga: Resep Puding Kelapa Kacang Hijau

      Jika sedang ingin jus, blender bubur kacang hijau menjadi jus yang segar dan menyehatkan. Jus ini pun bisa kita masukkan ke plastik dan dibekukan jadi es mambo. Ia juga bisa kita jadikan snow ice. Caranya, blender kacang hijau bersama gula dan santan beserta es batu. Bila tidak suka santan, kita bisa menggantinya dengan susu. Bekukan blenderan kacang hijau ini di freezer, kemudian blender lagi bersama susu kental manis. Snow ice ini segar kita makan begitu saja atau sajikan bersama roti tawar.

      Nah, tidak sulit, bukan, memanfaatkan sisa bubur kacang hijau? Di balik rasanya yang enak dan aromanya yang khas, ternyata kacang hijau juga punya banyak kelebihan. Salah satu keunggulannya adalah kandungan gizi kacang hijau tidak akan berkurang meskipun dimasak dalam waktu yang lama, bahkan hingga kacang menjadi hancur. Berbeda dengan sayuran lainnya yang akan berkurang manfaatnya jika direbus terlalu lama.

Baca juga: Resep Es Puding Kacang Hijau

      Kacang hijau juga menjadi sumber makanan yang penuh gizi. Dalam 100 gram kacang hijau, kita bisa mendapatkan 345 kalori, 22 gram protein, dan 1,2 gram lemak. Itu pun masih diperkaya dengan aneka vitamin dan mineral, antara lain vitamin A, B1, B2, E, serta kalsium, fosfor, besi, dan mangan.

      Pernahkah Anda mengolah bubur kacang hijau jadi berbagai hidangan lain? Seperti apakah cara Anda memasaknya? Yuk, share bersama kami di komentar! (SP/DV)