Mari Jadi Lebih Kreatif Membuat Sajian dari Bakso

By dina, Rabu, 8 Februari 2017 | 07:01 WIB
Mari Jadi Lebih Kreatif Membuat Sajian dari Bakso (dina)

      SajianSedap.com – Tidak heran jika melihat banyak orang Indonesia yang sering sekali membuat sajian dari bakso. Coba masuk ke dalam pasar tradisional. Pasti Anda menemukan beberapa tukang bakso. Coba perhatikan juga bakso yang mereka bawa. Banyaknya luar biasa, ‘kan? Pemandangan serupa ada di tiap supermarket.

      Kenapa begitu banyak penjaja bakso? Penyebab satu-satunya tentulah karena masyarakat kita sangat doyan bakso. Meskipun begitu, tidak banyak orang yang kreatif dalam mengolah bakso karena bahan ini memang sudah enak dimakan begitu saja atau bersama kuah.

Baca juga: Resep Tumis Bayam Bakso Sapi

       Bakso dibuat dari daging sapi yang dihaluskan lalu ditambahkan tepung kanji sebagai pengikat. Perlu pengulenan yang lama untuk membuat bakso supaya rasanya kenyal. Daging sapinya pun harus masih segar. Bakso yang sudah dibentuk lalu direbus sampai terapung, menandakan jika bakso sudah matang dan siap diolah atau dimakan

      Ada beberapa jenis bakso sapi yang ada di pasar-pasar mulai dari bakso sapi biasa, bakso sapi yang dibuat dari campuran daging dan urat, bakso sapi berisi hati, ampela, dan masih banyak lagi. Bila ingin mengolah bakso menjadi berbagai macam masakan atau kudapan, jenis masakan atau kue yang kita buat mestinya menentukan jenis bakso yang akan kita gunakan.

Baca juga: Resep Bakso Goreng Cumi

      Jika tidak dimakan bersama kuah, selama ini bakso hanya jadi bahan pelengkap. Makanan ini paling sering  orang jadikan pelengkap mi ayam. Bakso juga sering orang masukkan ke dalam capcay dan tumisan aneka sayuran sebagai penambah rasa.

      Sebetulnya, bakso bisa dijadikan macam-macam masakan, misalnya sebagai isi kudapan seperti kroket, risoles, atau arem-arem. Bakso juga bisa dibuat sate, setelah dibumbui tentunya. Pernahkah Anda juga membuat bakwan bakso? Rasanya enak, lho. Digoreng dan dipenyet bersama sambel pun rasanya jadi selangit.

Baca juga: Resep Sup Bakso Kacang Merah

      Mari lebih kreatif dalam membuat sajian dari bakso. Baik bakso sapi, ayam, maupun ikan, semuanya sedap rasanya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera berkreasi di rumah. Jika punya kreasi bakso favorit, share dengan kami di komentar! Selamat mencoba. (SP/DV)