Serba-Serbi Membuat Pai Manis

By dina, Rabu, 8 Februari 2017 | 10:23 WIB
Serba-Serbi Membuat Pai Manis (dina)

      SajianSedap.com – Mari membuat pai manis sendiri di rumah. Pai bisa kita bikin bermacam-macam, baik kulitnya maupun isinya. Lewat tulisan ini, kita belajar membuat rupa-rupa pai itu.

      Hal yang paling mendasar dari pembuatan pai adalah kulitnya. Ada macam-macam cara dan bahan dalam membuat kulit pai. Adonan kulit pai bisa kita buat dari margarin atau mentega yang kita aduk dengan tepung terigu protein sedang, gula, dan telur atau air es. Ia juga bisa kita campur dengan keju, kacang, kelapa kering, atau havermut.

Baca juga: Resep Pai Apel Karamel

      Selain dengan komposisi di atas, kulit pai juga bisa kita buat dari biskuit yang dihancurkan lalu dicampur dengan margarin atau mentega tawar. Biskuit yang biasa digunakan orang untuk membuat pai adalah biskuit marie, biskuit kelapa, atau biskuit Oreo.

      Isi pai tentu menentukan kelezatan kue Anda. Ia bisa kita buat dari resep dasar vla. Cara membuatnya adalah dengan memasak cairan seperti susu, santan, sari buah, atau krim dengan maizena, gula, dan kuning telur. Vla bisa kita variasikan dengan tapai, kelapa muda, buah-buah segar atau buah kaleng.

Baca juga: Resep Pai Labu Kuning Kismis

      Selain itu, isian pai juga bisa kita buat dari krim diplomat yaitu vla yang dicampur lagi dengan butter cream atau krim kocok. Untuk isian yang lebih kaya rasanya, buat saja ganache cokelat. Isian ini bisa kita buat dari susu atau krim hangat yang kita masak bersama cokelat hingga cokelat mencair. Setelah kita dinginkan, hasilnya adalah ganache yang lembut dan kaya rasa. Setelah itu, ganache bisa kita kocok dengan bahan lain atau langsung digunakan. Untuk ganache kocok, campurannya tidak boleh susu, tetapi harus krim.

      Berbicara tentang membuat pai manis, jangan lupakan topping buah yang membuat pai segar rasanya. Nah, pai bisa kita isi dengan aneka buah segar atau buah kaleng. Padukanlah ia dengan kacang almond atau kelapa muda.

Baca juga: Resep Pai Buah Campur

      Itulah dia hal-hal dasar yang bisa kita perhatikan dalam membuat pai manis. Jangan lupa mencoba membuatnya di rumah dengan aneka resep dari website kami. Jika Anda berhasil mengkreasikan resep tersebut jadi sajian yang lebih enak rasanya, sudah barang tentu kepuasan Anda dapatkan. Selamat mencoba. (SP/DV)