Trik Menggunakan Kencur dalam Masakan Agar Bercita Rasa “Nyunda Banget”

By dina, Kamis, 9 Februari 2017 | 05:09 WIB
Trik Menggunakan Kencur dalam Masakan Agar Bercita Rasa ()

      SajianSedap.com – Mari belajar menggunakan kencur dalam masakan buatan kita. Buat yang tidak terlalu familiar, sepintas kencur mirip dengan jahe atau kunyit. Hanya saja, bentuknya jauh lebih kecil dan berwarna putih. Aromanya sangat khas, berbeda dengan rimpang lain yang biasa kita gunakan sebagai bumbu. Tak banyak masakan kita menggunakan bumbu ini. Orang Sundalah yang sering menggunakannya dalam masakan mereka.

      Kencur bisa dimakan begitu saja contohnya sebagai lalap, tapi hanya kencur muda yang masih menempel bersama batangnya yang kita santap dengan cara tersebut. Rasanya segar, beraroma, dan renyah. Selain dilalap bersama sambal taoco, kencur muda enak diolah jadi urap. Kencur yang dimasak biasanya diperlakukan sebagai bumbu yang dihaluskan bersama bumbu lain.

Baca juga: Resep Urap Daun Kencur

      Kencur muda lebih pucat warnanya sedangkan yang sudah tua kulitnya berwarna kecokelatan Untuk pemilihan kencur, cari yang sudah bersih dan tidak berselimut tanah sehingga bisa dilihat kesegarannya. Hindari kencur yang kering karena biasanya sudah lama. Kencur yang sudah lama sering keriput dan tidak setajam yang segar aromanya. Kencur kita simpan di dalam keranjang tanpa dicuci. Jangan membeli banyak karena kencur yang segar lebih enak rasanya.

      Untuk menggunakannya dalam masakan, keruk kulit kencur dengan sendok atau pisau. Tumbuk atua ulek halus bersama bumbu lainnya atau parut saja. Kencur enak kita masukkan ke dalam nasi goreng, sambal oncom, sambal tempe, lodeh, urap, rempeyek, dan bumbu pecel.

Baca juga: Resep Lele Bakar Bumbu Kencur

       Penggunaannya kencur tidak perlu banyak dalam masakan. 3-4 cm untuk porsi rumah tangga sudah cukup. Kencur juga sering dijadikan jamu bersama beras karena khasiatnya sangat baik untuk kesehatan. Rimpang satu ini tak pilih-pilih teman. Dipadu bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit pun cocok-cocok saja. Aroma segarnya tetap tak bakal terkalahkan.

      Sudah siap menggunakan kencur dalam aneka masakan Anda? Yuk, kita coba dengan aneka resep di website kesayangan Anda ini. (SP/DV)