Membuat Keripik Ubi yang Crunchy dan Gurih

By dina, Jumat, 10 Februari 2017 | 12:17 WIB
Membuat Keripik Ubi yang Crunchy dan Gurih (dina)

      SajianSedap.com – Seperti halnya kentang, membuat keripik ubi renyah dengan cara diiris tipis-tipis dan digoreng sampai kering pasti akan berhasl menyemarakkan rumah Anda. Ada keripik yang sederhana yang dibuat langsung dari ubinya, ada juga ubi yang diadoni dulu lalu digiling tipis dan dicetak. Semua enak dan layak dicoba. Yang penting lagi, membuatnya sebenarnya sangat mudah.

      Inilah tips dan trik yang bisa kita ikuti.

Baca juga: Resep Keripik Ubi Kari Pedas Manis

       Pertama-tama, bagi pemula, jenis ubi yang kita pilih akan sangat berpengaruh ke hasilnya. Pilhlah ubi yang airnya paling sedikit. Nah, untuk membuat keripik, ubi putihlah yang paling cocok. Tetapi kalau mau menggunakan ubi yang kuning pun masih bisa , kok.

      Dalam mengiris ubi, gunakan pisau yang tajam sekali agar irisannya bertul-betul tipis. Pilihan lain, gunakan alat penyerut ubi. Lalu, rendam ubi di dalam air yang dibubuhi garam. Kalau mau, tambahkan air kapur agar ubi renyah ketika digoreng.

Baca juga: Resep Keripik Ubi Keju Pedas

      Selain membuat keripik dari ubi yang diiris tipis-tipis, kita juga bisa membuat keripik dari adonan ubi. Buatlah adonan dari ubi yang dikukus dan dihaluskan terlebih dahulu. Agar rasanya semakin naik, ubi halus ini bisa ditambahkan beraneka bumbu atau aromatik. Keripik ubi juga bisa tampil dibalado, atau diberi bubuk taburan seperti bubuk keju atau bubuk pizza.

      Perhatikanlah hal-hal wajib dalam membuat ubi berikut ini. Ubi harus betul-betul tipis irisannya. Kalau membuat keripik dari adonan ubi, menggilingnya pun harus tipis betul. Jika sudah, perhatikan pula suhu minyak untuk menggoreng, jangan terlalu panas agar keripik ubi benar-benar matang. Bila keripik dibalut bumbu, jangan membumbuinya selagi panas. Cukup hangat-hangat.

Baca juga: Resep Keripik Ubi Cokelat

      Nah, itulah tips yang bisa kita ikuti dalam membuat keripik ubi yang enak. Jangan lupa untuk segera menyimpannya di dalam toples tertutup rapat ketika akan disajikan. Selamat mencoba untuk membuatnya di rumah. (SP/DV)