Tips Membuat Penganan dari Singkong dengan Cita Rasa yang Dahsyat

By dina, Kamis, 16 Maret 2017 | 08:21 WIB
Tips Membuat Penganan dari Singkong dengan Cita Rasa yang Dahsyat (dina)

       SajianSedap.com – Yuk, simak tips membuat penganan dari bahan singkong. Biasanya kue yang dimasak dari bahan ini adalah kue tradisional, soalnya singkong adalah umbi yang sudah familiar dan kita kenal sejak zaman dahulu.

       Mengolah singkong sendiri sebenarnya tidak sulit. Hanya dikukus atau digoreng pun singkong sudah disukai. Bahkan, zaman sulit dahulu kala, ketika tak ada beras, orang menggunakan singkong sebagai makanan utama tanpa perlu ditemani lauk apa pun.

      Namun, kemudian orang menemukan bahwa singkong juga enak dibuat berbagai hidangan. Walau banyak karbonya, ada pula orang yang memasak singkong jadi teman makan nasi seperti perkedel atau keripik singkong. Singkong juga banyak diolah jadi kudapan.

Baca juga: Resep Talam Singkong

       Kue-kue dari singkong akan legit teksturnya karena singkong punya karakter yang lengket dan bertepung. Makin bagus singkongnya, makin lengket dan legit.

       Rahasianya, olahan singkong untuk masakan atau kudapan butuh singkong yang enak agar masakan kita jadi enak. Singkong yang bagus bisa dites dari kulitnya. Kelupas sedikit kulitnya. Kalau mudah terkelupas, singkong berkualitas baik. Perhatikan juga singkongnya setelah dikupas. Singkong yang bagus warnanya sedikit kemerahan.

       Untuk diolah jadi kudapan, singkong bisa diparut saja atau dikukus dulu baru dihaluskan. Ketika diparut, biasanya singkong mengeluarkan air. Kalau airnya banyak sebaiknya dibuang separuh supaya kudapan yang dihasilkan tidak keras atau terlalu kenyal.

Baca juga: Cara Membuat Singkong Goreng Enak dan Empuk

       Singkong yang bagus tentu akan menghasilkan aneka kue yang enak rasanya. Untuk kue tradisional, kita bisa membuat ketimus, getuk, combro, misro, sawut, dan aneka masakan lainnya. Bahkan jika ingin yang cukup modern, kita bisa membuat singkong thailand, roti singkong, hingga singkong keju.

        Nah, itulah tips membuat penganan dari singkong yang bisa Anda simak dan ikuti di rumah. Agar makin mahir, Anda juga bisa, lho, melihat resepnya di website kesayangan Anda ini. Selamat mencoba. (SP)