Tips Berkreasi dengan Tape Singkong dalam Kudapan

By dina, Senin, 27 Maret 2017 | 12:36 WIB
Tips Berkreasi dengan Tape Singkong dalam Kudapan (dina)

       SajianSedap.grid.id – Mari ikuti tips berkreasi dengan tape singkong sehingga kudapan buatan Anda senantiasa jadi favorit. Walaupun sederhana, tape singkong sangat disukai orang, entah untuk dimakan begitu saja, dijadikan minuman, atau disulap jadi aneka penganan yang kreatif. Tentu Anda juga bisa menciptakan kreasi baru yang istimewa dari bahan ini.

       Dari jenis bahan bakunya, kita mengenal jenis singkong yang biasa dan singkong mentega. Yang biasa menghasilkan tape yang putih warnanya. Sedang singkong mentega menghasilkan tape mentega yang legit. Konon yang jenis ini lebih disukai.

Baca juga: Resep Bolu Tape Singkong Kismis

      Tape singkong yang keras biasanya dibuat oleh orang Bandung dan sekitarnya. Berbeda dengan orang Jawa Tengah yang lebih suka tape yang berair. Untuk pembuatan kue, pilih tape yang tidak terlalu berair, tetapi juga tidak terlalu keras. Juga tidak terlalu manis, tetapi juga tidak terlalu asam. Tape yang terlalu manis, membuat rasa kue lurus-lurus saja. Padahal kue dari tape harus ada sentuhan asamnya sedikit.

       Dalam pembuatan kue, tape bisa dibiarkan utuh, misalnya untuk membuat tape goreng. Tape juga bisa dipotong-potong kotak saja, contohnya untuk membuat kolak. Tetapi umumnya tape bisa dihaluskan sampai lembut betul dan dicampur dalam adonan kue. Itu sebabnya tape yang keras seperti tape bandung kurang pas untuk dibuat kue karena tidak bisa dilembutkan,

      Karena akan dicampur dalam adonan, tape yang berair dan terlalu lembek pun kurang pas dijadikan olahan. Kandungan airnya akan membuat adonan menjadi basah atau terlalu lunak. Pada cake, misalnya, kalau terlalu basah, butuh waktu lama untuk mematangkannya hingga setelah matang, kue akan menjadi kering karena terlalu lama di dalam oven. Jadi, gunakanlah tape singkong yang tekstur dan rasanya seimbang.

Baca juga: Resep Tape Goreng Cokelat Keju

      Tape mudah dipadu-padankan dengan bahan lain seperti kenari, fruit mix, cokelat, atau pandan. Paduan tape dengan bahan-bahan lain menciptakan kreasi kue yang lezat dan tidak membosankan.

     Nah, itulah aneka tips berkreasi dengan tape singkong dalam kudapan. Jika ingin lebih mahir, Anda bisa menengok resepnya di website kesayangan Anda ini. Siap untuk memukau keluarga dan teman-teman dengan sajian istimewa Anda? Yuk, segera terapkan tips ini di dapur Anda. (SP)

Baca juga:

Kudapan Unik Brownis Tape, Teman Ngemil Sore

Resep Pangsit Goreng Tape Keju

Resep Cake Tape Keju