Hal yang Patut Anda Ketahui Tentang Mengolah Kopi dalam Aneka Sajian

By dina, Rabu, 22 November 2017 | 02:39 WIB
Hal yang Patut Anda Ketahui Tentang Mengolah Kopi dalam Aneka Sajian (dina)

       SajianSedap.Grid.ID – Sebelum belajar mengolah kopi, yuk, kenali dahulu bahan ini. Kopi adalah bahan pangan yang unik. Mengapa begitu? Umumnya minuman didapat dari dedaunan atau sari buah. Namun, kopi didapat dari biji kopi yang dipanggang lantas dihaluskan. Bubuk kopi ini lantas diseduh dengan air panas dan airnya diminum. Rasanya pahit, tetapi dengan penambahan gula, minuman ini menjadi sangat lezat terutama karena aromanya yang luar biasa. Tak heran kalau minuman ini lantas digandrungi banyak orang di seluruh dunia. Bahkan orang bisa minum kopi lebih dari 5 cangkir setiap harinya.

Baca juga: Mudahnya Membuat Oreo Cheese Cake Kukus Untuk Kue Lembut di Sore Hari

       Sebagai minuman, kopi kemudian tidak hanya dicampur dengan gula saja. Kopi dibuat lebih kaya lagi. Dengan susu atau dengan krim. Penyajiannya pun tak lagi hanya panas, tetapi juga bisa dingin-dingin. Kopi yang dicampur dengan susu dan krim, menciptakan banyak sekali variasi minuman. Ada cappuccino, kopi yang disemprotkan krim di atasnya. Ada latte yang belakangan ini tengah populer yang sebetulnya hanyalah campuran kopi dan susu (coffee au lait , dalam bahasa Prancis). Masih ada lagi kreasi minuman kopi lainnya seiring dengan bertambah maraknya kedai-kedai kopi bermunculan di berbagai kota.

        Aroma kopi yang luar biasa menggoda, juga dimanfaatkan orang untuk membuat macam-macam cake, roti, dan kue kering. Kopi yang dipakai untuk membuat kue, biasanya kopi yang instant supaya tidak mengotori penampilan kue. Pemakaian kopi tentu tidak bisa banyak-banyak karena rasanya yang pahit. Karena itu untuk menaikkan aromanya menjadi semakin terasa, orang menambahkan kopi pasta atau esens kopi. Pasta kopi disertai warna kopi, sedang esens hanya aromanya saja.

Baca juga: Puding Kacang Lapis Kopi, Penutup Yang Segar Di Mulut

       Kopi ini bisa dicampurkan begitu saja ke dalam adonan cake, roti, atau kue kering. Jadi, sama sekali tidak sulit. Tetapi kalau mau lebih rata, kopi boleh dicairkan lebih dahulu supaya kopi betul-betul larut. Kopi tak hanya dicampur dalam adonan. Sebagai isi/filling dan topping, kopi juga luar biasa lezatnya. Sebagai filling, kopi biasanya dibuat vla, dicampur dengan butter krim atau krim kocok. Sedang sebagai topping, biasanya kopi dicampur di dalam butter cream dan krim kocok.

       Nah, sekarang Anda tahu serba-serbi mengolah kopi jadi aneka sajian. Yuk, praktikkan di rumah agar kita bisa senantiasa menyajikan makanan yang sedap rasanya untuk keluarga dan orang-orang kesayangan. Jika ingin lebih mahir, ikuti saja resep-resep yang ada di website kasayangan Anda ini. Selamat mencoba. (SP)

Baca juga:

Resep Jitu Membuat Kue Tradisional Nagasari yang Manis dan Lembut

3 Langkah Membuat Caramel Coffee Milkshake

Coffee Poffertjes Favorit Keluarga