Cara Mudah Berkreasi dengan Resep Semur Daging Klasik Andalan Anda

By dina, Senin, 17 April 2017 | 04:46 WIB
Cara Mudah Berkreasi dengan Resep Semur Daging Klasik Andalan Anda (dina)

       SajianSedap.Grid.ID – Ingin berkreasi dengan resep semur daging andalan? Yuk, simak aneka variasi yang akan kami hadirkan ini. Semur daging bercita rasa manis gurih memang digandrungi baik di meja makan sendiri maupun di aneka jamuan ketupat. Pun, banyak jenis sayuran yang enak dipadukan dengan menu ini.

      Jika sering membuatnya, jangan bosan duluan. Ada banyak, lho, variasi semur daging yang bisa kita buat. Yuk, kita simak aneka caranya.

       Pertama, kita bisa mengganti jenis daging. Untuk membuat semur, biasanya orang menggunakan daging sengkel atau daging sandung lamur. Kini, agar lebih variatif, ganti dengan daging giling yang sudah dibentuk bola-bola, hati, paru, atau lidah.

Baca juga: Bistik Daging Saus Inggris, Sajian Mewah Praktis Dibuat

       Kedua, menambahkan rasa berbeda juga menarik walau caranya sederhana saja. Semur umumnya bercita rasa manis. Akan tetapi, tak ada salahnya kalau kali ini kita ingin membuatnya jadi manis pedas dengan tambahan cabai merah atau cabai rawit.

       Ketiga, tambahkanlah bahan tertentu. Bahannya bisa saja sederhana seperti paprika, cabai hijau, rebung, atau daun bawang, sekadar untuk membuat semur kian variatif. Bahan lain yang bisa ditambahkan antara lain bumbu seperti keluak dan terasi. Sayuran, nanas, soun, atau kacang merah juga membuat semur tambah menarik dan enak.

       Keempat, selain memvariasikan jenis daging, kita juga bisa cukup mengubah bentuk. Daging yang biasanya potongan, dapat diubah menjadi bola-bola, rolade, atau diisis tipis seperti sukiyaki lalu digulung.

Baca juga: Satu Jam Memasak Semur Ayam Pedas Gurih yang Pas Buat Keluarga Anda

       Kelima, memainkan tekstur kuah jadi lebih variatif juga bisa kita lakukan. Kuah semur tak perlu selalu kental. Agar lebih ringan, kita juga bisa membuat yang encer atau setengah kental. Begitu pula sebaliknya. Jika biasa membuat yang lebih ringan, variasikan teksturnya hingga lebih kaya.

       Nah, itulah aneka cara  berkreasi dengan resep semur daging biasa yang biasa Anda masak di rumah. Mudah saja, bukan? Walau caranya simpel, jika Anda berhasil membuat variasinya, siap-siap saja hidangan Anda ludes dalam sekejap. Apabila ingin lebih mahir, Anda bisa mengintip aneka resep semur di website kesayangan Anda, lho. Selamat mencoba. (SP)

Baca juga:

5 Langkah Membuat Semur Printil Ayam yang Rasanya Disukai Siapa Saja

Resep Sate Telur Puyuh Bumbu Semur

3 Langkah Mudah Sajikan Lidah Bumbu Kecap Pedas Bercita Rasa Mewah