Tips Memilih Kelapa Muda yang Pas untuk Dibuat Minuman Pelepas Dahaga

By dina, Jumat, 26 Mei 2017 | 05:58 WIB
Tips Memilih Kelapa Muda yang Pas untuk Dibuat Minuman Pelepas Dahaga (dina)

      SajianSedap.Grid.ID – Berikut ini kami siapkan aneka tips dalam memilih kelapa muda. Dengan kelapa yang pas, momen berbuka puasa Anda bisa dobel kenikmatannya.

      Saat berbuka puasa, es kelapa muda bisa jadi sajian yang menyegarkan sekaligus menyehatkan. Airnya bisa menggantikan elektrolit tubuh yang hilang. Kesegarannya juga mampu membilas dahaga Anda.

(Baca juga: Meriahkan Saat Santai Sore Dengan Kue Semprong Cokelat Kelapa)

      Yuk, simak cara mudah memilih kelapa muda untuk sajian berbuka puasa Anda.

       Pertama-tama, perhatikanlah warna buah kelapa. Ada kelapa yang berwarna hijau, ada pula kelapa yang berwarna kekuningan. Yang kekuningan umumnya ditanam di daerah pantai, sedang yang hijau ditantam di daerah pegunungan.

(Baca juga: Ceriakan Akhir Pekan Dengan Manis dan Gurihnya Puding Kelapa Muda)

       Untuk dijadikan es kelapa muda, tentu kelapa hijau yang ditanam di pegunungan ini lebih enak rasanya. Dagingnya lebih tebal, buahnya lebih besar, airnya juga tentu lebih banyak.

      Kedua, perhatikanlah kematangan buah kelapa. Kelapa untuk es sebaiknya tidak terlalu muda, tetapi juga tidak terlalu tua. Sulit mengetahui kondisi kelapa dari kulitnya. Nah, biasanya kita bisa mengetahui kematangan kelapa dengan cara dipukul-pukul dengan pisau.

(Baca juga: Pepe Lapis Kelapa Nangka Ini Bisa Kita Buat Di Rumah Dengan 5 Langkah)

       Kalau pisau membal dengan mudah, biasanya kelapa itu muda. Pasalnya, kelapa muda akan cenderung bertekstur lebih elastis. Waspada juga apabila pisau yang Anda pukulkan terlalu membal. Itu berarti kelapa yang Anda pilih terlalu muda.

     Nah, itulah tips mudah dalam memilih buah kelapa yang tepat untuk dijadikan minuman kelapa muda. Pada kenyataannya nanti, pengalaman jugalah yang membuat kita pandai memilih kelapa.

      Kelapa yang pas enak kita olah menjadi aneka es yang menyegarkan. Untuk membuat variasinya, tengok saja aneka resep di website kesayangan Anda ini. Selamat mencoba. (SP)

(Baca juga: Lepas Dahaga dengan Es Kelapa Buah)

(Baca juga: Resep Es Kelapa Muda Jeruk)