Trik Membuat Pastel Kering yang Renyah dan Cocok untuk Jadi Camilan Hari Raya Nanti

By dina, Jumat, 2 Juni 2017 | 03:15 WIB
Trik Membuat Pastel Kering yang Renyah dan Cocok untuk Jadi Camilan Hari Raya Nanti (dina)

      SajianSedap.Grid.ID – Apabila Anda ingin mencamil kue gurih yang renyah di hari raya nanti, trik membuat pastel kering berikut bisa Anda ikuti. Ya, tidak hanya pastel biasa yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Pastel kering yang marak dijual di bulan Ramadan pun ternyata praktis dibuat di dapur kita.

      Umumnya, yang membedakan pastel kering dengan pastel biasa adalah ukurannya. Pasalnya, pastel kering ini disantap sebagai kue kering. Jadi, ukurannya juga kecil, ukuran satu suap pas. Berbeda dengan pastel biasa yang disantap seperti gorengan atau kue basah.

(Baca juga: Resep Pastel Kering)

      Jika kulit pastel biasa kita cetak bulat dengan diameter 7 hingga 11 cm, pastel kering ini cukup diplong bulat dengan cetakan berdiameter 4 cm. Hasilnya bisa jadi sebesar satu suapan pas.

      Kedua, pembeda kedua pastel tentunya adalah isiannya. Tidak mungkin pastel kering memiliki isi tumisan yang basah seperti halnya pastel biasa, bukan? Pastel kering harus memiliki isian yang betul-betul kering supaya pastel bisa tahan lama kita simpan.

(Baca juga: Resep Pastel Kering Ebi)

      Untuk pemula, Anda bisa mengisi pastel kering dengan ebi yang ditumis bersama bumbu-bumbu aromatik seperti serai, daun jeruk, bawang putih, dan cabai merah. Anda juga bisa mencampurkan ebi dengan kelapa kering agar lebih bertekstur. Selain itu, abon sapi juga bisa jadi isian yang pas. Campur dengan wijen jika ingin hasil yang rasanya lebih kaya.

      Jangan lupa, isian pastel kering ini wajib ditumis sampai benar-benar kering. Pasalnya, ini mempengaruhi keawetan kue saat disimpan. Setelah diisi, pastel harus digoreng di api kecil atau sedang sampai benar-benar kering.

(Baca juga: Resep Pastel Kering Isi Serundeng)

     Berbicara soal kulitnya, bagian luar pastel kering ini lebih bertekstur, mengembang dengan tekstur berbintik-bintik gelembung, dan renyah jika dibandingkan dengan kulit pastel biasa. Untuk mencapai hasil seperti ini, tambahkan sedikit lagi baking powder dan/atau soda kue pada resep adonan kulit pastel Anda.

      Nah, itulah trik mudah dalam membuat pastel kering yang renyah. Yuk, segera praktikkan di rumah dan manjakan keluarga dengan kelezatan camilan buatan sendiri. Anda juga bisa menengok aneka resepnya di website kesayangan Anda ini, lho. Selamat mencoba. (RED)

(Baca juga: Resep Pastel Kering Ebi Manis Pedas)

(Baca juga: Resep Pastel Kering Kacang)