Sehabis Sahur, Apakah Boleh Tidur Kembali? Ini Dia Dampaknya Buat Tubuh!

By dina, Jumat, 2 Juni 2017 | 04:05 WIB
Sehabis Sahur, Apakah Boleh Tidur Kembali? Ini Dia Dampaknya Buat Tubuh! (dina)

      SajianSedap.Grid.ID – Apakah boleh tidur kembali sehabis sahur? Nah, biasanya sering kali pertanyaan begini terlontar walaupun pada kenyataannya, memang sulit untuk tidak tertidur kembali.

      Maklum, setelah makan sahur mata akan terasa mengantuk. Pertama, tentunya karena kenyang. Kedua, saat sahur, kita akan bangun jauh lebih pagi untuk makan sehingga jatah tidur berkurang.

(Baca juga: Santap Sahur Lebih Bergizi Dengan Sayur Bening Daun Katuk Yang Sedap)

(Baca juga: Sahur Sehat Dengan Kesegaran Salad Buah Saus Mix)

      Jadi, apakah hal ini boleh dilakukan? Ternyata, kita boleh saja melakukannya karena kunci agar otak bekerja maksimal meski sedang puasa di bulan Ramadan adalah tidur yang cukup. Biasanya, tidur yang normal itu kisaran 6 hingga 8 jam dalam sehari.

      Menurut para ahli, gangguan tidur merupakan masalah yang kerap terjadi pada bulan Ramadan. Hal ini terjadi akibat pola dan waktu yang mengalami perubahan. Sebaiknya, tidurlah 2 jam setelah sahur dan sholat subur agar Anda lebih semangat dalam menjalani aktivitas. Tidur 2 jam setelah sahur mampu membuat tubuh tetap bugar meskipun perut kosong selama belasan jam karena puasa.

(Baca juga: Dengan Tips Ini, Anda Tidak Akan Bingung Menyiapkan Menu Sahur Untuk Sebulan)

      Namun, jagalah agar kita tidak tidur lebih lama dari itu. Apabila Anda tidur lebih dari 2 jam, dampaknya berbalik jadi negatif untuk kinerja tubuh. Pertama, Anda bisa jadi lebih tidak bertenaga. Kedua, hal ini akan mengganggu proses pencernaan.

      Selain tidur yang cukup, perhatikan juga asupan makanan dan minuman selama puasa karena asupan makanan sangat berpengaruh pada kualitas tidur. Ingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi teh dan kopi saat sahur dan buka puasa karena dapat menyebabkan rasa cemas berlebih. Hasilnya, Anda justru sulit tidur.

      Terjawab sudahkah, pertanyaan apakah kita boleh tidur kembali setelah sahur? Yuk, selalu jaga kesehatan dan pola hidup Anda di bulan Ramadan ini. Semoga sehat selalu agar ibadah senantiasa lancar. (Grid.ID)

(Baca juga: Siapkan Kering Tahu Teri Untuk Menu Sahur Tanpa Terburu-Buru)

(Baca juga: Telur Ceplok Jahe, Telur Rasa Unik dan Lezat untuk Sahur Esok Hari)