Tidak Hanya Makanan, Menyetok Pinggan Tahan Panas Juga Akan Mempermudah Anda di Dapur

By dina, Rabu, 7 Juni 2017 | 08:07 WIB
Tidak Hanya Makanan, Menyetok Pinggan Tahan Panas Juga Akan Mempermudah Anda di Dapur (dina)

     SajianSedap.Grid.ID – Mari mengeluarkan aneka pinggan tahan panas dari lemari peralatan dapur Anda. Jika tidak punya banyak, lebih baik mulai menyetoknya sekarang. Apalagi jika Anda punya berbagai ukuran dan warna. Wah, pasti akan mempermudah pekerjaan sehari-hari. Penuh gaya, pastinya.

     Mengapa Anda harus mulai menggunakan pinggan tahan panas?

(Baca juga: Macam Alat Pembuat Takoyaki)

     Pertama, dari namanya saja, peralatan ini tahan panas. Selesai dipakai untuk memasak, pinggan ini bisa langsung diletakkan di meja makan untuk menyajikan hidangan. Berbeda dengan jika Anda menggunakan panci atau wajan. Anda harus memindahkannya ke piring saji sehingga memperbanyak cucian piring.

     Kedua, pinggan tahan panas umumnya berkuping sehingga mudah dikeluarkan dari oven. Selain untuk dioven atau dijadikan wadah memasak, pinggan ini juga bagus untuk tempat salad, lho. Dengan kata lain, pinggan tahan panas merupakan peralatan yang serbaguna.

(Baca juga: Bermacam Alat Masak Tradisional Indonesia)

     Ketiga, alat ini memudahkan proses penghangatan karena tinggal dimasukkan saja ke oven atau microwave. Jadi, tidak perlu repot lagi memindahkan makanan dari pinggan saji ke panci atau wajan untuk menghangatkannya di kompor. Langsung panaskan saja di wadahnya.

     Keempat, pinggan tahan panas juga cantik dijadikan wadah hantaran. Menjelang Lebaran nanti, gunakan saja pinggan tahan panas untuk memberikan hadiah berupa makanan basah kepada sanak saudara. Ikatkan saja serbet cantik di sekelilingnya. Pasti mereka suka.

(Baca juga: Tips Memanggang Lasagna Agar Lembut dan Enak di Mulut)

     Namun, ada yang harus kita perhatikan sebelum membeli dan menggunakan pinggan tahan panas ini. Pinggan mudah pecah, karena itulah kita harus menghandelnya dengan hati-hati.

     Soal suhu, tidak semua pinggan bisa diletakkan di api langsung alias kompor. Pastikan Anda bertanya kepada penjualnya. Lalu, jangan berikan perubahan suhu ekstrim pada pinggan seperti menaruhnya langsung di kulkas selepas memanaskannya atau sebaliknya.

     Nah, itulah hal yang bisa Anda perhatikan soal pinggan tahan panas. Tidak rugi, lho, menyimpannya banyak-banyak di rumah Anda. Yuk, permudah pekerjaan kita dengan peralatan-peralatan yang bermanfaat. (SP)

(Baca juga: Agar Sukses Membuat Rendang Ayam, Ini Dia Triknya)

(Baca juga: Sensasi Pedas & Kriuk Kering Kentang Teri Balado Ijo)