Trik Membentuk Kue Putri Salju Jadi Bulan Sabit Sempurna dan Sama Ukurannya

By dina, Kamis, 30 November 2017 | 04:22 WIB
Trik Membentuk Kue Putri Salju Jadi Bulan Sabit Sempurna dan Sama Ukurannya (dina)

      SajianSedap.Grid.ID – Jika tahun ini Anda ingin membuat kue putri salju sendiri, simak dahulu trik dalam membentuk kue kering ini. Kue putri salju ini tidak dibentuk menggunakan cetakan sehingga kita harus sabar dan telaten saat membentuknya.

     Umumnya, kue satu ini berbentuk bulan sabit walaupun kini kue tersebut tidak harus selalu dibentuk seperti itu. Namun, ada baiknya para pemula belajar dari bentuk dasarnya ini.

(Baca juga: Kue Semprit Kacang, Kue Kering Wajib Buat Untuk Lebaran Nanti)

     Kue putri salju dibuat dengan metode creamy cookies. Artinya, mentega dan margarin dikocok bersama gula halus sehingga lembut, barulah dicampur dengan bahan lainnya. Di antara bahan-bahan lain tersebut, ada bahan wajib yang jadi ciri khas putri salju, yaitu tumbukan kacang tanah atau kacang mede.

     Karena penambahan kacang inilah adonan kue menjadi agak keras jika dibandingkan dengan adonan kue kering lainnya. Tekstur ini juga membuatnya mudah dipulung dengan tangan. Namun, hati-hati agar adonan kue juga tidak terlalu keras. Pasalnya, nanti adonan justru mudah patah saat dibentuk dan dimatangkan.

(Baca juga: Putri Salju Almond Keju Lembut & Meleleh Di Mulut)

     Agar tiap kue besarnya sama, Anda bisa menimbangnya dahulu satu per satu. Sejumput adonan per satu buah kue umumnya memiliki berat 4-6 gram. Kurang dari itu, tentu kue terlalu kecil dan mudah gosong. Lebih dari itu, kue terlalu besar dan lama matangnya.

     Adonan yang sudah ditimbang lalu bisa langsung Anda pulung agak panjang pipih. Kemudian, tekuk membentuk bulan sabit alias dilengkungkan membentuk setengah lingkaran. Lalu, runcingkanlah bagian ujungnya.

(Baca juga: Nutella Marble Cookies, Kreasi Kue Kering Lembut Nan Renyah untuk Menyambut Lebaran)

     Pembentukan harus dilakukan dengan cepat karena suhu tangan kita sesungguhnya cukup panas untuk melelehkan mentega di dalam kue. Jika terlalu lama, hasil akhir kue setelah matang bisa jadi keras.

    Nah, itulah trik yang bisa kita ikuti saat membentuk adonan kue kering putri salju. Dijamin, hasilnya akan sempurna dengan bentuk bulan sabit yang cantik. Ukurannya juga sama dan serupa sehingga matang merata. Yuk, kita ikuti agar kue kering kita bagus hasilnya. (RED)

(Baca juga: Resep Putri Salju Duo Kacang)

(Baca juga: Resep Kue Kering Putri Salju Sagu)