Ingin Menyenangkan Tamu Lebaran Sekaligus Menghilangkan Asupan Makanan Tidak Penting? Ini Seninya!

By dina, Sabtu, 24 Juni 2017 | 08:12 WIB
Ingin Menyenangkan Tamu Lebaran Sekaligus Menghilangkan Asupan Makanan Tidak Penting, Ini Dia Seninya (dina)

      SajianSedap.Grid.ID – Ada cara menyenangkan tamu lebaran yang tidak melibatkan Anda dalam mengasup makanan yang tidak penting untuk tubuh. Caranya begitu mudah, namun sungguh penuh kebaikan.

      Kuncinya adalah keseimbangan. Dalam menyusun menu lebaran, pastinya ada menu-menu serba tinggi karbohidrat, lemak, dan gula. Mulai dari ketupat dengan lauk bersantan dengan daging-dagingan, kue-kue kering penuh gula. Belum lagi hantaran lezat dari para tamu.

(Baca juga: Opor Lebaran Lebih Gurih dan Tidak Mudah Basi Jika Mengikuti Tips Pintar Ini)

(Baca juga: Yuk Buat Lebaran Makin Istimewa Dengan Semangkuk Tetelan Masak Santan Gurih)

      Nah, seimbangkan aneka makanan ini dengan menu yang lebih sehat. Sediakan buah-buahan segar yang bisa menyeimbangkan makanan tersebut. Lalu, buatlah minuman berdasar buah yang selalu dingin dengan jumlah gula yang sedikit. Masaklah juga lauk lain yang tidak setinggi biasa kadar lemaknya. Contohnya adalah arsik ikan, sup bening, juga balado atau pepes udang. Resepnya? Tentu Anda bisa melihatnya di website kesayangan Anda ini.

      Jika ingin membuat cake untuk camilan tamu, tinggalkan krim dan gula yang berlebih. Toh, terlalu banyak krim juga akan disingkirkan di piring Anda dan mempersulit proses mencucinya. Buatlah cake yang cenderung ringan seperti cake-cake kukus yang banyak menggunakan putih telur.

(Baca juga: Trik Cepat Memasak Sendiri Di Hari Lebaran Walau Tanpa Asisten)

      Begitu pesta Lebaran usai, Anda harus mengumpulkan sisa makanan pesta. Hati-hati. Jangan sayang membagi makanan kepada tamu seusai acara. Tindakan itu jauh lebih baik ketimbang memasukkannya ke dalam perut Anda. Bagikan kepada mereka yang membutuhkan. Ingat, Anda sudah memakannya cukup banyak ketika pesta.

      Nah, itulah seninya menyenangkan tamu namun tetap sehat dan tidak melupakan asupan gizi ke tubuh Anda. Mudah saja, bukan? Yuk, selalu makan dengan sehat agar tubuh senantiasa fit hingga tua. (MF)

(Baca juga: 5 Variasi Rempeyek Ini Bisa Jadi Menu Pelengkap Lebaran Yang Meriahkan Suasana)

(Baca juga: Saat Lebaran Atau Mudik, Jangan Kalap Meminum Minuman Bersoda! Ini Dia Bahayanya)