Setelah Pesta, Ikuti Tips Membersihkan Perangkat Makan Keramik dari Lemak dan Noda Ini, Yuk!

By dina, Jumat, 22 Desember 2017 | 09:38 WIB
Setelah Pesta, Ikuti Tips Membersihkan Perangkat Makan Porselin yang Dijamin Ampuh Ini, Yuk! (dina)

      SajianSedap.Grid.ID – Mari pelajari tips membersihkan perangkat makan keramik yang lazim kita gunakan untuk menjamu tamu di hari Raya. Tentu akan sangat disayangkan apabila perangkat makan yang harganya lumayan ini terkena noda yang tidak bisa hilang, kan?

      Namun, jangan khawatir karena kita bisa membersihkan noda membandel dengan cara yang mudah. Kuncinya adalah memanfaatkan sifat-sifat kimiawi bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Bisa jadi Anda pun memilikinya, lho.

(Baca juga: Spons Cuci Piring Bisa Jadi Rumah Bakteri! Seberapa Sering Harus Diganti?)

      Inilah tips membersihkan perangkat makan porselin yang bisa Anda ikuti.

      Masalah utama yang dihadapi dalam mencuci peralatan makan sehabis lebaran adalah lemak dan minyak yang menempel. Cara mudah untuk mengangkatnya adalah dengan merendam perabotan yang dicampur air panas dan sabun cuci piring. Setelah itu, cucilah seperti biasa.

(Baca juga: Cara Tepat Memilih Sabun Cuci Piring)

     Jika ada noda makanan yang tidak kunjung hilang, saatnya menggunakan bahan lain. Tidak sulit, kok. Cuci kembali saja perabot dengan campuran cuka dan garam. Setelah bersih, bilas dengan air.

      Tidak hanya piring dan pinggan saji yang luput dari noda. Cangkir pun begitu adanya. Perangkat hidang dari keramik yang terkena noda teh tentu tak indah dipandang mata. Untuk membersihkannya, didihkan dahulu air. Masukkan cangkir keramik yang bernoda. Tambahkan baking powder lalu didihkan lagi. Angkat cangkir. Setelah dingin, cuci dengan sabun. Cangkir Anda akan tampak bersih kembali.

(Baca juga: Berapa Cangkir Teh Hijau Boleh Diminum Sehari?)

      Nah, sebelum disimpan kembali, pastikan perabotan Anda benar-benar sempurna bersih dan mengilapnya. Jika belum, bersihkan kembali. Gosok dengan lap yang dibasahi dan sudah ditambahkan cream of tartar. Gosokkan ke seluruh perangkat hidang keramik Anda yang kusam. Bilas dengan sabun dan air bersih. Nah, buktikan sendiri hasilnya.

      Itulah aneka tips membersihkan perangkat makan keramik yang sehabis Anda gunakan untuk berpesta. Dijamin, caranya sangat ampuh Anda ikuti. Yuk, segera kita praktikkan. (SP)

(Baca juga: Kalap Makan Saat Lebaran Sesekali Tidak Apa-Apa? Tentu, Asal Perhatikan Pilihan Menu Seperti Ini)

(Baca juga: Chocolate Almond Cake, Ide Antaran Menarik Untuk Idul Fitri, Cukup Dengan 6 Bahan)

FOTO: ANTIQUE.COM