Bikin Penasaran, Ini Tumpeng Kenduri yang Disiapkan Warga Solo untuk Pernikahan Kahiyang-Bobby

By Virny Apriliyanty, Selasa, 7 November 2017 | 08:20 WIB
Bikin Penasaran, Ini Tumpeng Kenduri yang Disiapkan Warga Solo untuk Pernikahan Kahiyang-Bobby (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.grid.id – Warga Solo ternyata tak mau kalah antusias menyambut pernikahan putri Orang nomor 1 di Negeri ini. Pada tanggal 22 Oktober 2017 lalu, dibagikan 15 buah tumpeng kenduri secara gratis pada Car Free Day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi, Solo.

      Acara ini digagas oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo sebagai bentuk dukungan dan doa untuk kelancaran pernikahan Putri Presiden Jokowi, Kahiyang dan pasangannya Bobby pada 8 November esok. Acara ini juga merupakan wujud apresiasi karena menjelang Hari H, 90% hotel di Solo sudah terisi penuh.

       Di tempat dan waktu berbeda, puluhan warga Kampung Joho, RT 07 RW 08, Manahan, Solo, juga mengadakan acara tumpeng kenduri. Di depan gang masuk kampung, warga duduk lesehan beralas tikar sambil bersama-sama makan tumpen kenduri. Acara yang digelar pada 2 November 2017 ini juga ditunjukkan untuk mendoakan agar acara pernikahan bisa berjalan lancar.

(Baca juga: Simpan Tahu Dengan Cara Ini, Dijamin Tidak Jadi Asam)

(Baca juga: 5 Gorengan Paling Disuka Di Restoran Jepang Ini Cocok Jadi Lauk & Bekal)

Tumpeng Kenduri = Wujud Tradisi Jawa

      Lalu apa itu tumpeng kenduri? Kenapa warga Solo berbondong-bondong membuat tumpeng ini? Perlu diketahui, kenduri bukan merupakan jenis tumpeng. Kenduri adalah tradisi Jawa sejak zaman dulu yang masih dilestarikan hingga saat ini. Hanya saja, kini perayaan kenduri lebih mudah kita temui di pelosok-pelosok desa.

       Kenduri sendiri merupakan tradisi berkumpul dengan tujuan meminta kelancaran untuk hajatan atau acara yang akan digelar. Jadi bisa dibilang semacam selamatan.

       Nah, sebagai pelengkapnya, disajikanlah tumpeng untuk dimakan bersama-sama. Tumpengnya sendiri sih relatif biasa saja. Nasi kuning yang dibentuk kerucut dihidangkan dengan aneka lauk pauk mulai dari ayam serundeng, empal, telur balado, keripik kentang, sambal kentang, urap dan masih banyak lagi.

(Baca juga: Rahasia Membuat Kuah Bakso yang Enak)

(Baca juga: Olah Kacang Panjang dengan 5 Resep Super Sedap Ini, Dijamin Tidak Akan Kecewa!)

        Kesimpulannya, tumpeng kenduri merupakan nasi tumpeng yang dihidangkan pada acara kenduri. Nah, dalam rangka pernikahan Kahiyang-Bobby, tumpeng kendiri menjadi simbol dukungan dan doa terbaik dari warga Solo untuk pasangan baru yang akan memasuki gerbang pernikahan esok.

(Baca juga: Bukan Mustahil Membuat Kue Cucur Berserat Cantik Asal Tahu Trik Ini, Catat Ya!)

(Baca juga: Manis dan Lembutnya Balok Puding Kelapa Muda, Sempurna Memanjakan Lidah)