Wow, Menu Ngunduh Mantu Kahiyang-Bobby Khusus Dimasak dengan Arang, Ini Alasannya!

By Sajian Sedap, Jumat, 24 November 2017 | 16:33 WIB
Wow, Menu Ngunduh Mantu Kahiyang-Bobby Khusus Dimasak dengan Arang, Ini Alasannya! (Sajian Sedap)

SajianSedap.grid.id – Perhelatan pesta pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution masih belum berakhir. Setelah menggelar resepsi pernikahan di Solo, Jawa Tengah, kini acara berpindah ke kota asal Bobby, Medan, Sumatera Utara. Acara yang disebut dengan Ngunduh Mantu ini berjalan cukup panjang dengan serangkaian pesta adat mulai dari Selasa (21/11) dan berakhir pada Minggu (26/11) besok. 

      Nah, acara tentu tidak bisa dilepaskan dari makanannya. Apalagi jika dikaitkan dengan pesta adat khas Tapanuli Selatan. Ada beberapa makanan yang wajib hadir seperti ikan sale digulai, sambal tuk-tuk, sup daging sipirok, dan masih banyak lagi. Yang unik, semua makanan ini dimasak khusus dengan menggunakan arang. Kira-kira untuk apa, ya? 

Kenapa Harus Dimasak dengan Arang? 

      Bukan hanya sekedar unik, ternyata memasak menggunakan arang punya tujuan tersendiri. Pihak catering acara ngunduh mantu Kahiyang-Bobby menjelaskan bahwa arang membuat cita rasa makanan meningkat. Hebatnya lagi, makanan pun jadi jauh lebih tahan lama. Hal ini dilakukan mengingat pesta ini akan dihadiri kurang lebih lima ribu orang tamu undangan sehingga makanan tentu harus tetap baik kualitasnya. 

      Sekedar informasi, memasak menggunakan arang memang bukan hal yang asing, terutama di daerah pedesaan. Arang yang digunakan sangat beragam mulai dari arang kayu sampai arang dari kulit kelapa. Tapi jangan salah, meski terlihat kuno, memasak menggunakan arang ternyata membuat hasil masakan lebih enak daripada menggunakan minyak atau gas.

(Baca juga: Berapa Kali Kita Sebaiknya Mencuci Beras Agar Vitaminnya Tidak Hilang? )

(Baca juga: Sarapan Praktis dengan Makaroni Keju Goreng)

      Dengan masak menggunakan arang, aroma makanan akan jauh lebih harum. Proses memasak pun jauh lebih aman. Ini dikarenakan arang tidak akan memicu ledakan kompor seperti kejadian yang sering terjadi dalam kompor gas. Api dari arang juga jauh lebih panas daripada api dari minyak atau gas. Masakan pun jadi lebih cepat matang. Makanya, memasak menggunakan arang lebih sering digunakan untuk memanggang daging karena panasnya pas dan merata.

      Hmm, jadi penasaran, bagaimana, ya, rasa masakan di acara ngunduh mantu Kahiyang-Bobby? Yang pasti kita doakan agar semua prosesi berjalan lancar dan pasangan yang berbahagia ini selalu sehat dan bahagia ke depannya! (MA)

Foto dok.biggreenegg.com

(Baca juga: Simpan Tahu Dengan Cara Ini, Dijamin Tidak Jadi Asam)

(Baca juga: Jangan Berani Meremehkan Kelezatan Telur Ceplok Tumis Mentega ini, Coba Dulu!)