Sajiansedap.id – Pada umumnya restoran memperlakukan pelanggan mereka sebagai raja yang harus dilayani dengan baik.
Apapun yang membuat pelanggan senang maka akan dilakukan.
Namun, kebiasaan tersebut tak berlaku bagi sebuah restoran bernama Piao Xing Claypot Chicken Rice di Johor Bahru, Malaysia.
Jika Anda mengunjungi Piao Xing Claypot Chicken Rice, maka jangan berharap jadi pelanggan yang selalu benar.
Pihak restoran tak akan segan menyebut Anda orang idiot bila tak mengikuti aturan yang diterapkan.
Piao Xing Claypot Chicken Rice menerapkan aturan baru yang mendobrak aturan restoran pada umumnya.
Aturan tersebut dibuat untuk mengatasi masalah yang sering terjadi di restoran.
Apa saja aturan yang dibuat oleh Piao Xing Claypot Chicken Rice?
Baca Juga : Asyik Minum Wine Di Restoran Mahal, Hotman Paris Diminta Warganet Bandingkan dengan Nikmatnya Rasa Tuak
Artikel berlanjut setelah video berikut ini.
Aturan tak biasa
1. Adalah aturan yang diterapkan untuk mengatur pelanggan yang sering membuat keributan atau suasana gaduh di restoran.
Piao Xing Claypot Chicken Rice menerapkan aturan denda sebesar 10 ringgit atau setara Rp 35,000 bagi pelanggan yang membuat keributan atau suasana gaduh di restoran.
Pelanggan tak diperkenankan membawa masalah pribadi mereka ke restoran.
2. Restoran tak segan menyebut pelanggan yang suka memberikan uang kepada pengemis sebagai orang idiot.
Menariknya, aturan kedua ini dituangkan dalam kata-kata yang bernada sarkasme.
"Memberi uang kepada pengemis bukanlah ungkapan belas kasihan melainkan memperlihatkan Anda mudah dibohongi," demikian bunyi salah satu tulisan yang ditempel di dinding restoran.
Adapun kalimat sarkasme lainnya, yaitu sebagai berikut.
Baca Juga : Pacar Berondong Muzdalifah Unggah Potret Makan Bersama di Restoran, Duduk Sebelahan dan Makin Lengket
"Orang normal berkontribusi dalam aktivitas amal, orang idiot berkontribusi dalam peningkatan pengemis. apakah Anda normal?"
3. Denda sebesar 10 ringgit itu juga berlaku untuk pelanggan yang arogan, bersungut-sungut, dan mudah tersinggung.
Jadi tak heran kalau restoran ini menerapkan sistem harga yang berbeda.
Semuanya tergantung pada perilaku pelanggan itu sendiri.
Sebuah tulisan di dinding restoran menuliskan, "Harga dapat berubah sesuai dengan sikap pelanggan."
Karena memiliki kebijakan yang unik, seorang blogger bernama Jonathan Teoh membagikan beberapa foto yang menampilkan tulisan sarkasme yang ditempel restoran tersebut melalui akun Facebook pada Sabtu (10/11).
Beberapa foto yang diunggah Teoh itu menuai respon dari beberapa pengguna Facebook lainnya.
Bahkan, ada yang ikut menyarankan agar restoran menerapkan aturan bagi pelanggan yang membawa hewan.
Baca Juga : Pamer Cincin Lamaran di Restoran, Hal Ini yang Buat Daus Mini Langsung Kepincut Sang Calon Istri!
Salah satu pengguna Facebook berkomentar agar Piao Xing Claypot Chicken Rice memberlakukan denda 1,000 ringgit atau sekitar Rp 3,5 juta bagi pelanggan yang datang membawa hewan peliharaan.
Pasalnya, membawa hewan peliharaan ke dalam restoran membuat situasi tempat makan menjadi kurang higienis.
Selain itu, ada juga pengguna yang mendukung adanya kebijakan yang diberlakukan pada restoran Piao Xing Claypot Chicken Rice.
Ada juga salah satu pengguna Facebook yang berkomentar agar pelanggan yang berkelakuan baik bisa mendapatkan roti kering.
Unggahan Teoh telah dibagikan sebanyak 6,000 kali dan disukai lebih dari 2,000 akun.
Tertarik untuk mencoba untuk datang ke restoran ini Sase Lovers?