Untuk yang Buka Usaha, Ini Trik Menghadapi Konsumen yang Suka Membandingkan dengan Kedai Lain

By Virny Apriliyanty, Jumat, 8 Maret 2019 | 16:30 WIB
Untuk yang Buka Usaha, Ini Trik Menghadapi Konsumen yang Suka Membandingkan dengan Kedai Lain (iStock Editorial/501room)

SajianSedap.com - Dalam menjalankan usaha atau bisnis memang banyak lika-liku yang terjadi.

Salah satunya adalah adanya tipe konsumen yang sering membanding-bandingkan. 

Konsumen seperti ini kalau salah diartikan bisa membuat persaingan dirasa tak sehat antar-gerai.

Menurut Wulan Ayodya, pendiri UKMKU, lembaga yang memberikan pelatikan wirausahawan dan kursus keterampilan penunjang usaha, konsumen tipe pembanding adalah konsumen yang sangat paham produk, lokasi, dan kondisi bisnis di sekitarnya.

Baca Juga : Viral Pengusaha Durian Cari Jodoh Putrinya, Suruh Semua Pelamar Berkumpul Tanggal 1 April dan Lakukan Hal Aneh Ini

Bisa jadi konsumen tipe ini justru lebih menguasai kondisi produk dan gerai Anda, bahkan produk dan gerai lain di sekitarnya.

Jika Anda tak benar-benar mengerti kondisi bisnis gerai-gerai di sekitar, ia akan berusaha mencari keuntungan lebih bagi dirinya.

Ada kemungkinan selain ia mengerti kondisi bisnis, ia pun mengamati dan mengerti cara menghadapi karakter penjualnya.

Untuk itu, Anda harus menguasai produk dan kondisi gerai-gerai lain selain gerai sendiri, untuk menghadapi konsumen bertipe pembanding.

Tipe pembanding akan selalu membandingkan produk-produk Anda dengan produk kompetitor.

Kendati tak sama produknya dengan gerai lain, secara tak langsung mereka juga pesaing usaha Anda.

Baca Juga : Nikahi Pengusaha Kaya, Intip Mewahnya Welcome Dinner Pernikahan Yuanita Christiani yang Sewa Satu Kapal Pesiar!