Sahur Dengan Mi Instan Memang Paling Praktis, Tapi Ini Risikonya Bagi Kesehatan

By Soesanti Harini Hartono, Minggu, 19 Mei 2019 | 15:20 WIB
Sangat tidak disarankan berbuka atau sahur dengan mi instan karena nilai gizinya rendah. (Pexels)

SajianSedap.com – Bagi yang sering terlambat bangun sahur atau suka yang serba praktis, mi instan sering menjadi andalan.

Namun meski praktis, para ahli kesehatan tak pernah menganjurkan mi instan sebagai menu sahur. Panganan yang satu ini telah lama diketahui memiliki sejumlah dampak negatif.

Baca Juga: Muntah-muntah Saat Makan Mi Instan Ketika Hamil, Intip Momen Sahur Pertama Tasya Kamila Setelah Jadi Seorang Ibu

Pada bulan puasa ini, konsumsi mi instan bisa membuat puasa tidak optimal. Pasalnya, jika mi instan tidak disertai dengan hidangan lain maka hal ini bisa membuat tubuh tak bertenaga saat berpuasa.

Contohnya, dr. Hardianto, SpPD dari Digestive Clinic RS Siloam Kebon Jeruk mengatakan, mi instan bukanlah makanan yang sehat untuk sahur maupun berbuka. Nilai gizinya sedikit dan lebih banyak mengandung karbohidrat.

“Mi instan itu bahan dasarnya tepung. Hanya karbohidrat saja sama mecin kan. Jadi termasuk makanan tidak sehat Jadi sangat mudah dicerna, membuat kita akan cepat lapar kembali. Selain itu juga menggunakan bahan pengawet, tidak bagus untuk kesehatan."