Dulu Dipanggil KPK Kini Datang ke Istana, Bupati Minahasa ini Ternyata Bukan Orang Sembarangan, Penampilannya Tiap Blusukan Ke Pasar Bikin Wow!

By Siti Afifah, Selasa, 22 Oktober 2019 | 07:05 WIB
Pernah dipanggil KPK, Tetty Paruntu kini datangi istana negara (Google.com)

Dulu Dipanggil KPK Kini Datang ke Istana, Tetty Paruntu Ternyata Bukan Orang Sembarangan, Penampilannya Tiap Blusukan Ke Pasar Bikin Wow!

SajianSedap.com - Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu ramai diperbincangkan publik soal kedatangannya ke Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Tetty yang semula diduga menjadi calon menteri untuk pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, batal bertemu dengan Presiden Jokowi.

Munculnya nama Tetty ke publik bukan kali ini saja. Nama Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Utara ini sempat mencuat pada Juni dan awal Oktober.

Namanya muncul lantaran menjadi saksi di KPK dalam kasus dugaan gratifikasi kepada eks anggota Komisi VI DPR Fraksi Partai Golkar Bowo Sidik Pangarso.

Ia menjadi saksi lantaran diduga mengetahui sumber gratifikasi ke Bowo yang berasal dari proyek revitalisasi pasar di Kabupaten Minahasa Selatan.

Baca Juga: Exclusive Interview With Fatmah Bahalwan, On Hybrid Food and Homemade Vs Factory-Made

"Yang bersangkutan (Tetty) memang pernah diperiksa sebagai saksi di penyidikan dan persidangan."

"Saat itu kami menelusuri dugaan sumber gratifikasi yang diberikan pada anggota DPR RI, Bowo Sidik, terkait revitalisasi pasar di Minahasa Selatan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Senin (21/10/2019).

"Terkait dengan apa keperluan yang bersangkutan (Tetty) ke Istana, saya kira kami tidak merespons hal tersebut dulu sekarang."

"Yang bisa kami konfirmasi yang bersangkutan memang pernah diperiksa dan ada sejumlah fakta persidangan yang perlu didalami lebih lanjut," imbuh dia.

Kasus yang menjerat Bowo masih bergulir di pengadilan. Dalam persidangan, Bowo mengakui pernah mengurus proposal pembangunan pasar di Kabupaten Minahasa Selatan ke Kementerian Perdagangan.

Atas jasanya, Bowo menerima Rp300 juta dari fungsionaris DPD I Golkar Sulut Dipa Malik. Bowo juga menyebut yang memintanya untuk mengusahakan agar proyek itu tembus yakni Tetty.

Baca Juga: 3 Tahun Menjanda, Sahabat Zaskia Sungkar Ini Dilamar Pria yang Bukan Orang Sembarangan, Terkuak Caranya Mencari Sesuap Nasi