Sambal Mantap Ini Bikin Makanan Sederhana jadi Spesial! Pedasnya Siap Menggoyang Lidah

By Raka, Jumat, 25 Oktober 2019 | 10:10 WIB
Sambal Mantap Ini Bisa Bikin Pedasnya Siap Menggoyang Lidah! ()

SajianSedap.com – Bagi orang Indonesia, makan tanpa sambal bagai sayur tanpa garam, kurang enak dan kurang sedap. Setuju? Ya, makanan apa saja kini seakan harus disertai sambal supaya jadi lebih enak. Itu sebabnya belakangan marak dijual kreasi makanan fusion seperti steak dengan sambal matah sampai ramen dengan sambal roa.

Dari zaman nenek moyang dulu, sambal memang jadi juaranya kuliner Indonesia. Entah bagaimana, nenek moyang kita paling lihai memadu cabai dengan aneka bumbu hingga tercipta hidangan nan lezat. Tidak perlu jauh-jauh, intip saja dendeng balado, ayam betutu hingga rica-rica. Semuanya pedas tapi justru bikin selera makan langsung meningkat.

Makanya, tidak salah jika dibilang makan apa saja jadi enak kalau ada sambal. Bahkan, sajian sederhana seperti tahu dan tempe goreng saja bisa jadi hidangan spesial kalau sambalnya mantap. Nah, salah satu sambal favorit semua orang adalah sambal terasi.

Untuk membuat sambal terasi nikmat sebenarnya mudah saja. Kita tinggal ikuti resep yang tepat dan dikreasikan dengan tips membuat sambal terasi enak di bawah ini. Dijamin, siapapun bisa membuat sambal terasi enak yang pedasnya bikin nafsu makan meningkat.

1. Kombinasikan Duo Cabai

Bahan utama sambal terasi tentu adalah cabai. Untuk sambal terasi nikmat, kita sebaiknya menggunakan dua jenis cabai yaitu cabai keriting merah dan cabai rawit. Cabai keriting merah akan memberikan warna merah yang membuat warna sambal jadi super cantik. Sedangkan, cabai rawit akan memberikan rasa pedas yang nendang dan bikin sambal jadi super mantap.

2. Pilih Terasi Berkualitas Terbaik

Kualitas terasi akan sangat mempengaruhi kenikmatan sambal terasi yang kita buat. Lalu bagaimana cara memilih terasi berkualitas baik? Pertama, coba cium aromanya. Terasi yang kualitasnya baik beraroma sedap dan segar. Kalau terasi udang, aroma udangnya juga harus terasa.

Kedua, perhatikan penampilannya. Terasi harus berwarna alami, agak kusam dan tidak warna merah cerah. Hati-hati jika menemukan terasi yang warnanya terlalu cerah. Bisa jadi, itu indikasi terasi diberi perwarna.

Ketiga, terasi juga sebaiknya dalam kondisi kering dan tidak basah. Terasi yang basah sangat mudah tercemar jamur sehingga membahayakan kesehatan jika dimakan.

3. Goreng Sampai Keluar Aromanya

Tak jarang, sambal terasi jadi kurang sedap karena proses pematangan bahan yang salah. Jadi, semua bahan mulai dari cabai, bawang, tomat dan terasi perlu digoreng dulu agar matang. Sayangnya, banyak dari kita yang kurang lama menggoreng bahan-bahan ini sehingga aroma sambal menjadi langu dan kurang sedap.

Ingat, bahan-bahan sambal harus kita goreng sampai matang betul. Dengan begitu, aroma sedapnya akan keluar dan rasa sambal dijamin nikmat. Nah, supaya bisa matang betul, gunakan api sedang selama menggoreng bahan-bahan sambal. Jadinya, sambal pasti bisa matang sempurna tanpa keburu gosong.

4. Tambahkan Bumbu Rahasia Ini

Terakhir, nikmatnya sambal terasi akan makin terasa setelah ditambahkan bumbu rahasia ini. Hanya dengan sedikit AJI-NO-MO-TO®, dapat membuat sambal terasi semakin lezat dan menggoda selera.

Produk penyedap masakan ini sudah sejak lama jadi bumbu andalan banyak ibu rumah tangga di Indonesia. Menggunakan bahan alami (tetes tebu pilihan), AJI-NO-MO-TO® telah mehadirkan kelezatan di setiap masakan konsumennya selama lebih dari 50 tahun.

Nah, kalau Anda sudah membuat sambal terasi nikmat dengan AJINOMOTO®,  jangan lupa ikuti kontes #CeritaUmami dengan membagikan resep dan #CeritaUmami versi Anda beserta keluarga di sini periode 26 Oktober – 13 Desember.

Cerita Umami

Tiga #CeritaUmami terbaik akan mendapatkan voucher belanja sebesar @Rp500.000 dan Cooking Set menarik dari AJINOMOTO®, lho! Nggak cuma itu, akan ada hadiah mingguan dengan total hadiah sebesar Rp3.600.000 untuk 2 pemenang setiap 2 minggunya. Yuk, buruan ikutan karena hadiah jutaan rupiah menanti Anda.