Kangen Masa Kecil? Yuk Bernostalgia Lewat Kreasi Kue Pancong

By Fathia Yasmine, Senin, 29 Juni 2020 | 13:50 WIB
Kreasi kue pancong kental manis Tiga Sapi (Indofood)

Sajiansedap.com - Pernahkah SaseLovers mencoba kue pancong? Pernahkah juga menghitung berapa banyak kios atau pedagang yang masih menjual kue ini? Jika dihitung, mungkin saat ini jumlahnya tak sebanyak orang yang menjual makanan dan minuman kekinian.

Ya, jajanan lawas satu ini memang sudah tergerus zaman. Banyaknya makanan yang bercita rasa mancanegara, secara tidak langsung menghilangkan kepopuleran jajanan khas Nusantara.

Padahal, kue pancong merupakan jajanan khas Betawi yang sudah ada sejak dahulu kala dan digemari pada masanya.

Selain tampilannya yang unik, mirip papan pencuci baju manual, makanan yang bercita rasa kelapa ini juga cukup ramah di kantong. Hanya dengan mengeluarkan uang Rp 5.000, kue pancong dapat kita nikmati di saat lapar.

 Baca Juga: Biasa Makan Menggunakan Tangan Ternyata Bisa Menyebabkan Tubuh Mengalami Kenaikan Berat Badan, Kok Bisa?

Kue pancong juga cocok dikonsumsi di waktu santai, seperti sore hari dan ditemani oleh segelas teh atau kopi. Nah, agar suasana istirahat sore semakin bermakna, bagaimana jika ikut bernostalgia lewat kreasi kue pancong dari rumah?

Selain memiliki bahan yang sederhana, kue ini juga dapat dikreasikan dengan keju, kental manis Tiga Sapi, hingga taburan gula diatasnya. Penasaran? Berikut merupakan resep dan cara membuatnya.

Bahan

1 butir telur

75 gram gula pasir

1/4 sendok teh garam

125 ml air