Brownies Cokelat Sudah Biasa, Yuk Coba Bikin dengan Rasa Matcha yang Kekinian

By Yussy Maulia, Selasa, 20 Oktober 2020 | 18:43 WIB
Brownies green tea buat penggemar matcha. (Muhammah Syabillurosad)

SajianSedap.com — Siapa yang tidak tahu brownies? Rasa cokelatnya yang kaya dengan tekstur renyah di luar dan fudgy di dalam memang selalu berhasil memanjakan lidah penikmatnya.

Tidak banyak yang tahu bahwa resep brownies sudah ada sejak tahun 1800-an. Resep ini awalnya diciptakan oleh seorang wanita asal Amerika Serikat bernama Fanny Farmer yang mengadaptasi resep cookies cokelatnya dan memanggangnya dalam loyang berbentuk persegi panjang.

Seiring dengan waktu, brownies dikenal sebagai hidangan manis di berbagai negara, termasuk Indonesia. Kemunculan brownies di Indonesia pertama kali dipopulerkan oleh salah satu bakery asal Kota Bandung. Tak heran jika hingga saat ini panganan manis tersebut dikenal sebagai oleh-oleh khasnya.

Kafe-kafe menyuguhkan brownies sebagai teman ngopi. Tidak hanya itu, restoran hingga hotel bintang lima juga menyediakannya sebagai hidangan penutup.

Baca Juga: Resep Kering Kentang Kari Pedas Enak Ini Mantap Untuk Lengkapi Makan Malam

Cara menikmatinya pun semakin beragam, seperti dipadukan dengan es krim vanila, taburan keju, atau buah-buahan bercita rasa asam segar seperti stroberi dan blueberry.

Brownies pada umumnya dibuat dengan cokelat sebagai bahan utamanya. Namun, saat ini SaseLovers dapat menyajikannya dalam rasa lain lho. Misalnya saja, green tea (matcha).

Sebagai salah satu tren rasa yang cukup populer dan kekinian, green tea memang memiliki rasa yang unik dan memberi sensasi berbeda pada lidah. Tak heran, saat ini hampir seluruh jenis makanan dan minuman memiliki varian rasa green tea.

Jika Anda adalah penggemar brownies dan green tea, kreasi ini akan menjadi perpaduan yang memberi kenikmatan combo. Anda bahkan dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep brownies green tea cube dari Indomilk Kental Manis berikut ini. Pada resep ini juga ada cara membuat saus karamel dengan Indomilk Kental Manis sebagai bahan dasar saus yang dapat disajikan sebagai topping brownies green tea cube supaya #NikmatnyaGakAbisAbis.

Brownies Green Tea Cube (untuk 6 porsi)

Bahan adonan:

100 gram margarin 1/4 sendok teh garam 125 gram green tea cooking chocolate, potong-potong kecil 50 gram Indomilk Kental Manis Putih 3 butir telur 75 gram gula pasir 75 gram tepung terigu protein sedang 75 gram almon bubuk 1/2 sendok teh baking powder