Beredar Kabar Teteskan Air Rebusan Daun Sirih ke Mata Bisa Obati Katarak, Benarkah Demikian? Berikut Penjelasan Dokter!

By Marcel Mariana, Selasa, 24 November 2020 | 17:30 WIB
Beredar kabar tetes mata dengan air daun sirih bisa cegah katarak, berikut penjelasan dokter (Tribun Solo - Tribunnews.com)

Beredar Kabar Teteskan Air Rebusan Daun Sirih ke Mata Bisa Obati Katarak, Benarkah Demikian? Berikut Penjelasan Dokter yang Wajib Jadi Perhatian

Sajiansedap.com - Beberapa waktu lalu ada salah satu unggahan yang viral di media sosial.

Hal ini berkaitan dengan cara penyembuhan tradisional.

Di mana disebutkan bahwa air rebusan daun sirih diklaim bisa mengobati katarak.

Yaitu dengan cara meneteskan air tersebut pada mata. Unggahan tersebut beredar di media sosial Facebook pada 28 Mei 2020.

Berikut ini di antaranya narasi yang menyebutkan manfaat daun sirih untuk mengatasi katarak:

Baca Juga: Divonis Dokter Idap Katarak Sampai Harus Operasi, Baim Wong Berhasil Sembuh Setelah Konsumsi Makanan Enak Ini

"Getah dari tanaman suruhan ini juga sangat bermanfaat untuk dipakai sebagai obat tetes mata sebagai obat katarak, infeksi mata, radang dan berbagai masalah mata lainnya," tulis pengunggah dalam status Facebook.

Tidak hanya disebut bermanfaat untuk mengobati katarak pada mata, air rebusan daun sirih juga diklaim dapat mengobati sakit kepala, mengatasi nyeri, mengobati pegal linu, mengobati asam urat, hingga menyembuhkan radang mata.

Sejauh ini, unggahan tersebut sudah di sukai sebanyak 170 kali dan sudah dibagikan sebanyak 175 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Lalu bagaimanakah pandangan dokter terkait berita viral ini?