Komitmen Peduli Lingkungan, KFC Indonesia Lanjutkan Program Marine Debris Ranger di 2021

By Raka, Kamis, 25 Februari 2021 | 15:30 WIB
Komitmen Peduli Lingkungan, KFC Indonesia Lanjutkan Program Marine Debris Ranger di 2021 (KFC Indonesia)

SajianSedap.com - Setelah pertama kali diluncurkannya program Marine Debris Ranger di Provinsi Sulawesi Utara pada Maret 2020 lalu dan sempat tertunda karena pandemi COVID-19, memasuki tahun 2021 ini KFC Indonesia kembali melanjutkan komitmennya dalam pelestarian lingkungan dengan melanjutkan program kolaborasi bersama organisasi pemerhati lingkungan Divers Clean Action (DCA).

Sejalan dengan kampanye yang dicanangkan oleh KFC Indonesia bertajuk ‘KFC Untuk Negeri’ yakni bentuk dedikasi KFC untuk terus melakukan perubahan positif berkelanjutan, program sosial ini dibuat untuk menginspirasi generasi muda dan seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga lingkungan, terutama mengurangi produksi sampah dan pengelolaannya.

Mengawali tahun 2021 ini, KFC Indonesia bersama Divers Clean Action memulai kembali kegiatan Marine Debris Ranger (MDR) pada 6 Januari 2021 di pantai Pagedongan, Banten sebagai wilayah pertama binaan program ini.

Serentak di bulan Januari 2021, program MDR mulai berjalan di empat lokasi lainnya di beberapa wilayah Indonesia yakni di Aceh, Jambi, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Utara dengan beragam kegiatan.

Kegiatan ini fokus untuk melestarikan lingkungan seperti membersihkan pantai dan sungai, edukasi ke sekolah maupun warga setempat, pelatihan pengolahan sampah, serta melakukan sampling sampah ke rumah-rumah warga setempat.

Selama kegiatan berlangsung, KFC Indonesia dan DCA berkomitmen untuk mengikuti anjuran Pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sebagai usaha konkrit dalam menghindari penyebaran virus COVID-19.

Salah satu pelatihan yang diberikan kepada masyarakat adalah pengelolaan sampah menjadi ecobrick seperti yang dilakukan tim MDR di area Nusa Tenggara Barat yang mengangkat tema ‘Dari Sampah Menjadi Rupiah’.

Program ini adalah pemanfaatan botol plastik yang diisi padat dengan limbah plastik fleksibel untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali antara lain menjadi perabot kursi sofa.

Baca Juga: Resep Terik Daging Enak, Hidangan Lezat Olahan Dari Daging Sengkel